Daftar Gaji 'Tukang' Insinyur di Indonesia, Ada yang Rp 250 Juta

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 15:11 WIB
Silhouette of engineer and construction team working at site over blurred background sunset pastel for industry background with Light fair.Create from multiple reference images together.
Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia adalah salah satu negara yang sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur. Pembangunan infrastruktur di Indonesia mulai dari bandara, pembangkit listrik, transportasi masal, hingga pekerjaan pembangunan di ibu kota baru.

Selain itu, pembangunan infrastruktur seperti jalan, rel kereta, pelabuhan hingga fasilitas bandara juga sedang digenjot. Kemudian sektor minyak dan gas juga menjadi salah satu sektor yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

Di balik semua proyek infrastruktur tersebut, ada profesi engineer atau insinyur yang menjadi salah satu ujung tombaknya. Profesi engineer sendiri ada banyak ragam dan klasifikasinya. Bagi yang penasaran berapa sih gaji engineer di Indonesia untuk tahun 2020, ini dia daftar lengkapnya.

Dari data Kelly Indonesia Salary Guide 2020 disebutkan gaji untuk arsitek dengan kualifikasi S1 dan pengalaman kerja 5-8 tahun sebesar Rp 10 juta hingga Rp 18,5 juta.

Kemudian automation engineer pengalaman 5-8 tahun mulai dari Rp 11 juta hingga 25 juta. Lalu Construction Engineer dengan pengalaman 5-8 tahun mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 23 juta.

Sedangkan untuk construction manager pengalaman lebih dari 10 tahun mulai dari Rp 35 juta hingga Rp 57 juta. Selanjutnya contract manager dengan pengalaman lebih dari 10 tahun mulai dari Rp 29 juta hingga Rp 80 juta.

Lanjut di halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2