3 Menteri Bahas Rencana 'Sulap' Rawa Jadi Lumbung Pangan Baru

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 17:35 WIB
Memperingati Hari Pangan Sedunia ke-38, Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau langsung salah satu lahan rawa yang ada di Kalsel.
Foto: Istimewa/Kementan
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sore ini menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas optimalisasi lahan rawa di Kalimantan Tengah (Kalteng) di kantornya, di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Dalam rakor sore ini, hadir Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHL) Siti Nurbaya Bakar, dan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Budi yang tiba pertama di kantor Airlangga mengungkapkan, rakor sore ini akan membahas program optimalisasi lahan rawa.

"Betul (rapat membahas optimalisasi lahan rawa)," kata Budi di kantor Airlangga, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Tak berselang lama, Syahrul pun tiba di kantor Airlangga dengan didampingi oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy, dan Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono.

Syahrul mengatakan, saat ini terdapat 30.000 hektare (Ha) lahan rawa yang sudah siap untuk dioptimalisasi menjadi sawah. Menurutnya, begitu pemerintah sudah selesai memetakan lahan tersebut maka dalam waktu dekat proses optimalisasi akan dimulai.

"Secepat mungkin, begitu pemetaan sudah selesai kita langsung intervensi saja. Ini mau dirapatkan (dibahas)," kata Syahrul.

Sebagai informasi, pemerintah akan memanfaatkan 164.598 Ha lahan rawa di Kalteng sebagai sawah untuk meningkatkan produktivitas pangan. Langkah ini disusun demi meningkatkan ketahanan pangan Indonesia ketika Organisasi Pangan Dunia atau Food Agriculture Organization (FAO) merilis peringatan krisis pangan dunia.



Simak Video "Jokowi Minta Akses Menuju Lumbung Pangan Segera Dikerjakan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)