Ide Bisnis Modal Rp 1 Jutaan untuk Pemula

Puti Yasmin - detikFinance
Rabu, 24 Jun 2020 16:31 WIB
man hand show rupiah money on white background
Foto: iStock/Ide Bisnis Modal Kecil dengan Rp 1 Jutaan untuk Pemula
Jakarta -

Menjalankan sebuah bisnis merupakan tantangan tersendiri bagi seseorang. Namun, ada bisnis modal kecil dengan Rp 1 jutaan saja. Apa saja yang bisa dikerjakan?

Dikutip dari buku '80 Bisnis Sampingan Modal < 5 Juta' karya Astri Novia dan Natar Adri, sebaiknya bisnis dikerjakan dengan sepenuh hati. Dengan begitu, kecil kemungkinan bisnis akan tersendat atau mati di kemudian hari.

Maka dari itu, ia memberikan tips agar memerhatikan hobi dan bisnis yang akan dikerjakan, mampu berpikir kreatif, mengetahui pasar yang tepat, punya aspek kompetisi, hingga memiliki manajemen waktu yang baik.

Berikut ide usaha modal Rp 1 juta 2020:

1. Penerjemah Freelance

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang bisa dicoba adalah penerjemah freelance. Kamu cukup mengandalkan kemampuan kamu dalam berbahasa asing, seperti Inggris, Korea, Jepang, maupun Prancis.

Perhatikan juga kamu memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga bisa menghasilkan terjemahan yang tepat. Untuk memulainya diperlukan modal awal berupa kemampuan berbahasa asing yang baik, utamanya adalah Bahasa Inggris. Kemudian, diperlukan laptop dan modem dengan koneksi internet yang baik sebagai penunjang pekerjaan.

Dari data tersebut, diperkirakan biaya operasional per bulan mulai dari internet, website, dan biaya penyusutan bisa mencapai Rp 518.000. Sedangkan pendapatan kotor per bulan adalah Rp 1.950.000 sehingga laba yang dapat diperoleh sebanyak Rp 1.432.000 per bulan.

Selain menjadi penerjemah freelance, kamu juga bisa menjadi tour guide atau pemandu wisata yang cukup berbekal pengetahuan bahasa asing dan juga tempat-tempat menarik di sekitar kamu. Dari situ, kamu bisa menambah pertemanan dan juga memiliki kesempatan pengalaman berwisata sekaligus mencari uang.

2. Modifikasi Sepeda Fixie

Gaya hidup sehat semakin diminati dan membuat orang-orang membeli sepeda. Untuk semakin bergaya, para pemilik sepeda tak segan-segan untuk modifikasi sepeda fixie kesayangannya.

Hal ini pun bisa menjadi peluang usaha bagi kamu. Cukup lakukan jual beli frame atau batangan bekas pada bagian sepeda yang ingin dicari dan dapatkan untung 2 hingga 3 kali.

Adapun, analisis bisnis modal 1 set sepeda:

-Harga beli 1 set Rp 300.000
-Harga frame untuk modifikasi Rp 150.000
-Biaya sewa mobil boks Rp 100.000
total Rp 550.000

Laba yang diperoleh bisa mencapai Rp 650.000 dari harga jual sepeda modifikasi sebesar Rp 1.200.000 dikurangi biaya produksi sebesar Rp 550.000.

3. Agen Pulsa Elektronik

Menjadi agen pulsa elektronik juga merupakan peluang yang sangat menjanjikan. Pasalnya, hampir 95% pengguna telepon merupakan pengguna pulsa prabayar.

Modal yang disiapkan pun tak perlu besar, cukup hanya Rp 100.000. Kamu bisa mendapatkan omzet setelah mendapatkan minimal 20 kali transaksi dengan pula seharga Rp 10.000.

Tips untuk menjalankan ini, yakni layani penjualan 7 hari dalam seminggu, 24 jam dalam sehari. Pasalnya, ada persaingan antaragen pulsa yang sangat ketat.

4. Nasi Pepes

Setiap orang tentu makan untuk menambah energi menjalani aktivitas. Nasi pun menjadi makanan yang sangat cocok bagi orang Indonesia, termasuk nasi pepes.

Untuk menjalankan bisnis usaha ini, kamu bisa menyiapkan biaya operasional per bulan sebesar Rp 1.952.000 yang terdiri dari beras, ayam, ati ampela, bumbu, daun pisang, gas, hingga transport.

Dari biaya tersebut, laba yang bisa diperoleh sebesar Rp 648.000 yang terdiri dari omzet per bulan mencapai Rp 2.600.000 dikurangi biaya operasional Rp 1.952.000.

5. Singkong Keju

Bisnis modal kecil Rp 1 jutaan juga bisa dilakukan dengan membuat makanan singkong keju. Pasalnya, sektor makanan memiliki peluang yang besar karena merupakan kebutuhan primer setiap orang.

Berdasarkan analisis bisnis, modal awal yang bisa disiapkan sebesar Rp 1.200.000 berupa gerobak, terpal, wajan, kompor gas, hingga perlengkapan lain. Untuk bahan baku bisa siapkan Rp 2.170.000 yang terdiri dari singkong, minyak goreng, gas, dan aneka bumbu.

Selamat mencoba ide bisnis modal kecil dengan Rp 1 jutaan!



Simak Video "Mulai Bisnis Bermodal 1 Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)