Ini Deretan Produk UMKM RI yang Diminati Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 17:07 WIB
Terdampak Corona, UMKM Dapat Pelatihan Digital dari BUMN
Foto: Dok. Surveyor Indonesia
Jakarta -

Pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar lebih maju. Tidak hanya go online di dalam negeri, tetapi juga didorong untuk bisa memasarkan produknya ke seluruh dunia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan akan fokus ke beberapa produk untuk mendorong ekspor buatan UMKM. Produk tersebut dinilai memang diminati di dunia seperti furniture (perlengkapan rumah), produk makanan dan minuman, produk hasil laut, hingga baju muslim.

"Furniture termasuk akan kita prioritaskan untuk dorong ekspornya. Kedua, makanan dan minuman. Ketiga, produk yang berbasis hasil laut. Muslim fashion juga kita punya keunggulan dan sebagainya. Jadi ini yang mungkin nanti fasilitasi ekspor untuk produk-produk kita unggulkan karena permintaan market globalnya ada, ini yang akan kita prioritaskan," kata Teten dalam acara MarkPlus Government Roundtable melalui virtual, Senin (29/6/2020).

Selain itu, Teten bilang, akan memanfaatkan peran swasta sebagai kumpulan untuk ekspor UMKM dan akan melibatkan warga negara Indonesia yang ada di luar negeri (diaspora).

"Kita akan memanfaatkan peran swasta sebagai hub untuk ekspor UMKM dan melibatkan diaspora di luar untuk ritel ekspor dengan memanfaatkan market digital di setiap negara. Ini yang akan kami siapkan," imbuhnya.

Sebelumnya dijelaskan bahwa ekspor Indonesia melalui produk UMKM masih sangat rendah yakni 14% dari 64 juta pelaku yang ada. Angka itu dinilai jauh tertinggal dengan negara lain.

"Presiden minta ekspor kita dua kali lipat dari sekarang. Saat ini ekspor UMKM baru 14%. Problemnya kalau kita lihat banyak negara, UMKM itu kadang nggak sendiri, mereka jadi bagian dari usaha besar. Di kita masih rendah UMKM yang sudah terhubung dengan UMKM besar kalau nggak salah datanya kurang dari 5%," tandasnya.



Simak Video "Kominfo Rilis Portal Satu Pintu untuk UMKM Berdagang di e-Commerce"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)