Jawaban Lion Air soal Viral 'Video PHK'

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 17:30 WIB
Sidak Lion Air
Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

Lion Air Group diterpa kabar telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal itu digambarkan dalam video yang beredar di media sosial hingga viral. Salah satu pengunggah video itu adalah akun Instagram lambe_turah.

Dalam postingannya, akun tersebut memberi keterangan "Pemutusan Hubungan Kerja sebagian karyawan maskapai penerbangan". Video singkat itu memperlihatkan kerumunan orang berlatarkan pesawat Lion Air. Mereka diduga adalah karyawan Lion Air yang kena PHK.

Dalam video itu, sebagaimana dilihat detikcom, Minggu (28/6/2020) memperlihatkan orang-orang yang saling berpelukan dan adapula yang menyeka air mata, mengisyaratkan sebuah perpisahan.

Atas video yang beredar tersebut, pihak maskapai berlogo singa merah itu buka suara.

"Mengenai hal tersebut bukan pemutusan hubungan kerja (PHK)," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro melalui pesan singkat, Minggu (28/6/2020).

Danang menjelaskan bahwa yang dilakukan oleh maskapai adalah pengurangan tenaga kerja yang kontraknya sudah habis, alias tidak diperpanjang.

"Jadi pengurangan tenaga kerja berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang," tambahnya.

Seperti diketahui, video viral tersebut menunjukkan sejumlah pegawai Lion Air sedang berkumpul. Dinarasikan momen tersebut adalah perpisahan setelah dilakukan PHK.



Simak Video "Lion Air Buka Suara Terkait Pengurangan Tenaga Kerja 2.600 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)