Airlangga Ajak Grab Beri Pelatihan di Program Pra Kerja

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 14:05 WIB
Grab
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Grab Indonesia untuk memberi pelatihan digital kepada para korban PHK lewat salah satu mitra program Kartu Pra Kerja.

Mitra yang dimaksud adalah Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER) yang merupakan mitra resmi kartu pra kerja berupa layanan terpadu ketenagakerjaan berbasis online meliputi layanan bidang ketenagakerjaan untuk masyarakat, perusahaan, dan kelembagaan. Tujuannya agar para korban PHK tadi bisa lebih melek digital dan siap di dunia kerja selanjutnya.

"Mungkin Grab bisa bekerja sama dengan Sisnaker, yaitu digital platform ketenagakerjaan yang juga menyiapkan untuk pra kerja itu yang semi bansos juga program-program yang gratis," ajak Airlangga dalam acara peluncuran #GrabFoodGood, Komitmen Grab untuk UMKM Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Peran Grab dianggap penting karena platform digital transportasi ini sudah banyak melatih mitranya menjadi lebih digital. Ditambah lagi, karena adanya pandemi COVID-19 ini tak sedikit rakyat Indonesia jadi korban PHK atau dirumahkan oleh perusahaan mereka.

Untuk membantu para korban PHK tersebut mendapat kembali pekerjaannya selama new normal ini, kata Airlangga, para pekerja tadi perlu bertransformasi diri lebih dekat dengan digital.

"Dari data-data yang ada memang jumlah pekerja yang ter-PHK sebesar 1,74 juta dan ada data yang belum terverifikasi sebesar 1,2 juta pekerja sehingga memang ada penambahan 3 juta pekerja yang tidak bisa melanjutkan pekerjaan atau dirumahkan yang tentunya ini membutuhkan keberanian untuk mentransformasikan diri menjadi pekerja-pekerja digital," paparnya.

Selain mengajak Grab bekerja sama dalam Sisnaker, Airlangga menyampaikan pemerintah juga sedang menyiapkan berbagai kebijakan untuk menangani masalah korban PHK dan dirumahkan tersebut.

"Pemerintah sendiri mempersiapkan agar situasi new normal bisa dioptimalkan antara pencegahan penyebaran virus dan penyelamatan perekonomian masyarakat Indonesia," tuturnya.

Terakhir, Airlangga mengapresiasi Grab Indonesia yang telah banyak meluncurkan program pelatihan kepada para mitranya.

"Gerakan-gerakan pekerja ini perlu terus didorong dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Grab, sebagaimana tadi disampaikan Grab melakukan beberapa pelatihan-pelatihan secara gratis dan tentunya pemerintah juga punya program yang namanya kartu pra kerja," pungkasnya.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)