Pemerintah Matangkan Kebijakan Satu Data

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 21:15 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Screen Shot Video 20detik
Jakarta -

Sore tadi, tampak Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyambangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. Dalam agenda yang diterima ketiganya dijadwalkan mengadakan rapat koordinasi (rakor) soal satu data.

Lalu, apa saja yang dibahas ketiga dalam rakor tersebut?

Menurut Johnny, pertemuan ketiganya ialah membicarakan persiapan pembangunan data center nasional. Nantinya untuk mengintegrasikan data-data tersebut pemerintah butuh gedung tersendiri untuk memudahkan koordinasi dan penyimpanan dokumen secara baik.

"Kita membicarakan persiapan pembangunan data center nasional, government data center ya, dan tentu untuk menyelesaikan juga infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) kita ke titik-titik yang belum terhubung," ungkap Johnny ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2020).

Rincinya yang dibahas ialah mulai dari lokasi gedung data center tersebut, konfigurasi data center-nya seperti apa hingga soal security system-nya.

"Dari semua aspeknya termasuk di dalamnya nanti lokasi data center di mana saja di Indonesia terus konfigurasi data centernya seperti apa, security system dan enkripsi yang harus ada di situ. Lalu bagaimana perlindungan terhadap data-data kerahasiaan data yang diamanatkan oleh UU sektor seperti data terkait keuangan di UU perbankan, data-data terkait kesehatan di UU kesehatan, data-data terkait kependudukan," paparnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Airlangga. Akan tetapi, Airlangga enggan membocorkan daerah atau lokasi mana saja yang menjadi target pembangunan data center tersebut.

"Tadi persiapan untuk data center. (Lokasi) Belum, nanti kita akan bahas dengan K/L yang lain," pungkasnya.



Simak Video "Airlangga: 143 Perusahaan Asing Mau Investasi ke RI"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)