Melek Digital Jadi Tantangan Genjot Ekonomi Kreatif di RI

Wahyu Setyo Dibyo - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 23:34 WIB
Illustrasi Kartu Kredit dan Belanja Online
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto


Materi mentoring di pelatihan ini antara lain:

1. Entrepreneur Mindset
2. Creative Thinking
3. Digital Marketing
4. Digital Branding
5. Creative Fotografi
6. Manajemen Distribusi
7. Quality Assurance
8. Manajemen Operasional
9. Sistemasi Bisnis
10. Pengelolaan Keuangan
11. Studi Banding
12. Alternatif Pemodalan

"H-1 Mereka wajib untuk nonton materi yang diwajibkan oleh para mentor. Jadi kita kan mentoring cuma 2 jam, waktunya singkat banget. Makanya kita punya mekanisme mereka itu udah minimal baca atau nonton video materi, jadi ketika mentoring fokus diskusi, tanya jawab, penjelasan dan lain-lain," sambungnya.

Proses mentoring tersebut akan dilakukan secara live streaming. Dalam sehari, minimal 2 jam. Selama 1 minggu, akan ada 2 materi yang diajarkan oleh para mentor.

Sedangkan untuk pasca program, akan ada 2 kali presentasi, pertama terkait materi yang sudah pernah diajarkan. Kemudian presentasi kedua terkait bisnis yang mereka jalankan.q

Ada juga Reflection, dimana peserta UMKM diwajibkan membuat resume terkait materi ang sudah diberikan. Mekanismenya sudah sama seperti yang dialami di bangku kuliah.

"Ini jadi penting supaya mereka bener-bener serius memahami isi materinya. Yang kedua kita bisa melihat poin-poin atau materi yang mungkin dia nggak cerna. Siapa tahu peserta lain ada yang punya rangkuman lebih lengkap, sehingga temen-temen bisa belajar dari yang lebih lengkap," pungkas Iqbal.

Halaman


Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)