Komisi VIII Rapat dengan Menteri-menteri Bahas Data Kemiskinan

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 11:25 WIB
Kemiskinan masih jadi persoalan yang terus dicari solusinya di Jakarta. Ketidakpastian ekonomi global hingga korupsi turut berimbas pada kehidupan masyarakat.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Hal yang dibahas lembaga legislatif tersebut bersama pemerintah terkait verifikasi dan validasi data kemiskinan.

Rapat dimulai sekitar pukul 10.30 dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

"Hari ini, Rabu 1 Juli 2020 Komisi VIII mengadakan rapat kerja bersama Menteri Sosial, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan mengenai verifikasi dan validasi data kemiskinan," kata dia membuka rapat, Rabu (1/7/2020).

Namun menteri yang hadir dalam rapat adalah Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian diwakilkan.


"Menteri Keuangan (diwakili) Staf Ahli Pak Kunta (Staf Ahli Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Kunta Wibawa)," sebutnya.

Yandri melanjutkan, rapat gabungan hari ini dilakukan karena di tengah dampak pandemi COVID-19, para pemangku kepentingan perlu mengambil langkah strategis dan taktis untuk memastikan data kemiskinan dapat dipertanggungjawabkan.

"Sudah saatnya pemerintah punya satu data kemiskinan yang menjadi rujukan kementerian/lembaga dan adanya sinkronisasi data masing-masing data kemiskinan di kementerian/lembaga," tambahnya.



Simak Video "Kepala Bappenas: Angka Kemiskinan di Indonesia Bisa Capai 28 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)