Cerita Mentan dan Mendag Kompakan Jaga Pasokan Pangan Saat Lebaran

- detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 15:35 WIB
Warga antre dengan menjaga jarak untuk membeli sembako murah saat peluncuran Lumbung Pangan Jawa Timur di JX International, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (21/4/2020). Lumbung Pangan Jawa Timur tersebut menjual kebutuhan sembako dengan harga murah yang bisa didapatkan oleh masyarakat terdampak COVID-19, baik datang secara langsung maupun melalui pemesanan secara daring dengan bebas biaya ongkos kirim. ANTARA FOTO/Moch Asim/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menceritakan kekompakannya dengan Kementerian Perdagangan yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dalam menjaga ketersediaan pangan saat bulan Puasa dan Lebaran 1441 Hijriah.

Menurut Syahrul, di periode tersebut, di mana kebutuhan pangan masyarakat melonjak drastis, Kementan dan Kemendag, serta Bulog mampu memenuhi ketersediaan pasokan.

"Ramadhan dan Idul Fitri sebagai big season kebutuhan yang ada, dan ketersediaan, daya beli dan lain-lain cukup bisa terkendali dengan kerja sama semua pihak, Bulog, Kementerian Perdagangan, dan lain-lain, kami cukup kompak melakukan ini," ungkap Syahrul dalam webinar Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju, Kamis (2/7/2020).

Menurut Syahrul, dengan koordinasi yang baik antara Kementerian/Lembaga tersebut, selama pandemi Corona ini pemerintah bisa memastikan ketersediaan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia terjaga.

"Minimal kita bisa tetap mempertahankan 267 juta orang. Pak Buwas, Bulog tentu bersama saya tersedia dengan cukup untuk kita menghadapi tantangan dari dampak COVID-19. Perlemahan lainnya bisa kita hadapi," urai Syahrul.

Selain itu, Syahrul memastikan, ketersediaan atas 11 komoditas pangan strategis cukup hingga akhir 2020 ini.

"Ada 11 komoditas yang dalam kendali dan harus dilakukan beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi dan kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng. Dan perkiraan kita ketersediaan kebutuhan dasar ini insyaallah sampai Desember tetap aman, insyaallah dalam kendali," pungkas dia.



Simak Video "Mentan Targetkan Satu Data Pertanian Rampung 1 Desember"
[Gambas:Video 20detik]
(Vadhia Lidyana/dna)