Jurus Bikin Jualan Laku di Tengah Pandemi: Belajar Digital Marketing

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Minggu, 05 Jul 2020 12:22 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Foto: shutterstock
Jakarta -

Promosi menjadi salah satu hal penting apabila mau menjajakan sebuah produk. Dengan melakukan promosi, pelaku usaha bisa menarik hati pelanggan kepada produknya.

Namun, menurut CEO Investor Muda Jason Gozali, kebanyakan wirausaha masih kurang melakukan upaya promosi. Menurutnya, packaging alias pengemasan produk juga penting.

"Kalau ngomong bisnis kita selalu saja fokus sama produk, tapi kadang lupa promosi juga penting selain pengembangan produknya. Orang selalu bilang dont judge a book by its cover, tapi orang beli buku pun dilihat dari covernya, jadi packaging ini juga penting," ungkap Jason dalam talk show bersama BNPB yang ditayangkan di YouTube, Minggu (5/7/2020).

Kemudian, Jason juga menyarankan di tengah pandemi jalur promosi dalam bentuk digital bisa ditingkatkan, dia menyebut ada baiknya pelaku usaha bisa memaksimalkan sosial media untuk promosi.

Dia juga mengajak agar semua pelaku UMKM bisa go online dengan menjajakan dagangannya lewat marketplace e-commerce.

"Nah promosi di tengah pandemi kita mesti bisa kuasai digital marketing, kuasai sosial media. UMKM mesti masuk ke marketplace, belajar di sana. Promosi nggak bisa konvensional, inkonvensional yang harus dilakukan sekarang," papar Jason.

Hal yang sama pun dilakukan oleh Nadhifa Maulidiya, seorang pelaku UMKM pembuat masker, dia bercerita selama membuka usahanya dia sangat mengandalkan pasar online. Menurutnya dengan begini pekerjaannya bisa efektif, dirinya pun bisa tetap di rumah dan produktif.

"Saya mulai dari membeli bahan baku, memasarkan mengirimkan, semua melalui online shop, saya olah dan pasarkan di medsos. Jadi lebih efektif dan di tengah pandemi gini ya bisa tetap di rumah aja," ujar Nadhifa.



Simak Video "Tips Sukses Bisnis Jeans ala Oldblue Co"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)