Siap-siap Uang Pensiunan PNS Segera Naik!

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 18:00 WIB
Uang pensiun untuk PNS naik
Ilustrasi/Foto: Tim Infoografis: Fuad Hasyim
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberi lampu hijau soal wacana kenaikan upah pensiunan pegawai negeri sipil (PNS).

Menurut Tjahjo, pembahasan reformasi program jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS kini sudah nyaris final. Sebelumnya berdasarkan catatan detikcom, Kementerian Keuangan dan Kementerian PAN-RB tengah mengkaji skema baru pembayaran pensiun PNS dari semula pay as you go menjadi fully funded.

Dengan skema pay as you go, ditetapkan PNS menerima manfaat sebesar 75% dari gaji pokok terakhirnya. Namun, lewat wacana fully funded, maka besaran uang pensiun yang diterima PNS akan ditingkatkan lagi dari jumlah iuran pemerintah dan ASN yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangan oleh lembaga pengelola.

"Yang saat ini RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) tentang gaji dan tunjangan dan RPP tentang jaminan pensiun dan hari tua sedang kita detail hampir final dengan Menteri Keuangan," kata Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Dipastikan kenaikan jumlah jaminan pensiun dan hari tua bagi para abdi negara ini akan menyasar pada PNS aktif maupun yang sudah purna tugas. Lebih lanjut, Tjahjo menilai reformasi jaminan pensiun dan tabungan hari tua ini penting demi menjamin kesejahteraan para abdi negara di hari tuanya.

"Padahal penting untuk orang pensiun, supaya nggak kaget itu penting, yang (gajinya) gede tau-tau hanya terima Rp 4,2 juta itu kan perlu tambahan modal. Kapolri, Panglima TNI, kalau ada jabatan itu ya (gajinya) tinggi, begitu kembali pensiun ya kembali gaji pokok sebagai prajurit dan saya kira itu juga sedang kita persiapkan dengan baik," ungkapnya.



Simak Video "Menpan-RB Sebut Ada 11 Lembaga yang Akan Dibubarkan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)