Luhut Sebut Arab Mau Garap 1 Juta Vaksin Corona Bareng RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 10:32 WIB
Apakah Persaingan ASCina Membuat Vaksin Corona Berkaitan dengan Geopolitik?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa Uni Emirat Arab (UEA) mau bekerja sama dengan perusahaan Indonesia dalam memproduksi vaksin Corona. Bahkan rencananya UEA mau memproduksi 1 juta vaksin per tahun.

Hal ini disampaikan Luhut saat memberikan pembekalan dan berbagi pengalaman pada orientasi calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia. Dia menyampaikan wabah Corona telah membuka mata dunia untuk memperhatikan kesehatan masyarakat.

"Rencananya, Uni Emirat Arab sangat berminat untuk bekerja sama dengan perusahaan Indonesia guna memproduksi vaksin Corona, dengan rencana produksi hingga 1 juta vaksin per tahun, untuk riset dan inovasi ke depan akan ada 3 negara yang akan bekerja sama," ujar Luhut dalam keterangannya, Jumat (10/7/2020).

Dia memaparkan Indonesia sendiri sudah menganggarkan Rp 80 triliun untuk membangun kemandirian nasional di sektor kesehatan.

"Kita bangun kemandirian nasional di sektor kesehatan, dengan anggaran sebesar Rp 80 triliun rupiah, antara lain akan kita gunakan untuk mendorong kemandirian tersebut," kata Luhut.

Kepada para calon duta besar sendiri, Luhut berpesan agar mereka bisa menjaga integritas. Selain itu, sebagai duta besar harus mampu meyakinkan perwakilan negara lain dengan elegan dan berani.

"Kita harus bisa meyakinkan orang dengan cara yang elegan, kita harus berani. Dan, satu hal yang paling penting, saya pesan kepada kalian sebagai Duta Besar, jadilah Duta Besar yang berintegritas," pesan Luhut.



Simak Video "100 Juta Dosis Vaksin Corona Potensial Sudah Dipesan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)