Sabar Ya, Gelombang 4 Kartu Pra Kerja Baru Dibuka 2 Minggu Lagi

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 18:20 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Para calon peserta Kartu Pra Kerja harap bersabar lantaran sampai hari ini pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja belum juga dibuka. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan gelombang 4 akan dibuka sekitar dua minggu lagi.

Airlangga mengatakan, ada 500.000 peserta yang akan diterima dalam gelombang 4 ini. Sedangkan yang sudah terdaftar dalam seleksi sebanyak 5 juta.

"Yang sekarang untuk online dalam waktu kira-kira 2 minggu akan dipersiapkan kembali dan ini akan masuk di gelombang ke 4 dan dipersiapkan untuk 500.000 dan yang sudah terdaftar di seleksi adalah 5 juta. Jadi ini proses yang terus berjalan dan Bapak Presiden sudah menerbitkan ketentuan baru atau Perpres baru terkait Kartu Pra Kerja," kata Airlangga dalam webinar yang diselenggarakan detikcom, Jumat (10/7/2020).

Airlangga menjelaskan, pembukaan gelombang 4 molor karena sedang dilakukan evaluasi terhadap program ini. Pihaknya kesulitan untuk menentukan mana penerima peserta yang korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan.

"Kalau kita mau ngecek mana yang dirumahkan atau yang di PHK itu dampaknya tidak instan, itu memakan proses karena yang dirumahkan itu dalam arti standby untuk tidak digaji. Oleh karena itu pemerintah melakukan perbaikan terhadap proses Kartu Pra Kerja," ucapnya.

Selain itu, tidak adanya kesetaraan digital membuat pemerintah melakukan evaluasi dengan menyiapkan pelatihan secara offline. Pelatihan ini akan diselenggarakan setelah ada situasi new normal dan aman dari COVID-19.

"Kita akan berkoordinasi dengan Satgas COVID dimana pelatihan yang aman, protokolnya seperti apa karena kegiatan offline ini baru bisa dilakukan apabila aman dari COVID dan sudah ada situasi new normal," imbuhnya.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)