Jurus Pemerintah Selamatkan Ekonomi dari Serangan Corona

- detikFinance
Jumat, 10 Jul 2020 23:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pemerintah akan memulihkan ekonomi secara bertahap dibagi berdasarkan sektor. Pemulihan dimulai dari sektor yang paling terdampak.

Seperti sektor pariwisata yang paling terdampak dan sudah mulai dibuka saat ini, dinilai sudah ada pertumbuhan sejak dibukanya akses tersebut meski secara terbatas.

"Dibanding bulan April kemarin dimana awal April sektor hotel misalnya dan cafe turun 90%, sekarang dengan new normal sudah mulai naik 30%. Tentunya protokol untuk di tempat keramaian diharapkan masih waspada karena tentu ada pembatasan," kata Airlangga dalam webinar yang diselenggarakan detikcom, Jumat (10/7/2020).

Meski begitu, pemerintah masih akan terus menekan kegiatan perekonomian sampai kondisi benar-benar aman. Masyarakat juga diharapkan tidak mengunjungi pusat keramaian jika tidak diperlukan.

"Kalau dulu ke pusat perbelanjaan jalan-jalan, diharapkan (saat ini) hanya untuk pergi lalu keluar, kemudian ke supermarket dibatasi, cara antre pun dibatasi. Demikian pula di restoran mungkin 50% dulu kapasitasnya. Ke depan juga didorong secara online atau secara daring sehingga kebutuhan untuk pergi ke mal, pusat perbelanjaan atau pusat keramaian masih ditahan sampai kita lihat bahwa angka reproduktif efektifnya relatif bisa turun," imbuhnya.

Dengan adanya pembatasan kegiatan ini, diharapkan kasus Corona tidak meningkat dan ekonomi bisa pulih dalam waktu cepat.

"Kita berharap pertumbuhan kasus menurun sehingga recovery ekonominya bisa lebih cepat," tandasnya.



Simak Video "Realisasi Anggaran PEN Telah Capai 45,5%"
[Gambas:Video 20detik]
(Anisa Indraini/dna)