Pengadaan Barang dan Jasa, Pemprov Bali Gandeng Startup

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 12 Jul 2020 11:11 WIB
Pengadaan barang Mbiizmarket
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Pengadaan barang menjadi kegiatan yang cukup penting bagi perusahaan hingga lembaga pemerintahan. Sering kali pengadaan barang menjadi menimbulkan masalah dan berpeluang untuk dimanipulasi.

Namun dalam era teknologi ini ternyata pengadaan barang bisa dilakukan secara elektronik atau yang biasa disebut e-procurement berbasis web. Dengan cara ini pengadaan barang bisa dilakukan dengan transparan, sebab data bisa ditarik kapan pun.

Salah satu pemainnya PT Brilliant Ecommerce Berjaya (Mbiz). Perusahaan ini menyediakan platform digital untuk perdagangan barang dan jasa secara elektronik (e-marketplace).

"Mbiz menawarkan super ekosistem, untuk mendukung seluruh proses pengadaan secara elektronik (e-procurement), menggantikan pengadaan secara konvensional," Chief Executive Officer Mbiz Rizal Paramarta dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Sebagai B2B e-procurement integrator, di dalam ekosistem Mbizmarket, tergabung ribuan penjual dan lebih dari 200.000 produk yang terhubung dengan pembeli. Terdiri dari berbagai perusahaan dari berbagai industri hingga lembaga pemerintahan.

"Sebagai super ekosistem, untuk mendukung kebutuhan pemenuhan transaksi, Mbizmarket terintegrasi dengan sistem jasa transportasi, distribusi dan pergudangan yang modern. Tidak hanya itu, kolaborasi Mbizmarket dengan institusi keuangan, akan mempermudah UKM mengakses pembiayaan untuk mengembangkan usahanya" ungkap Rizal Paramarta menjelaskan," tambahnya.

Selain prosesnya transparan dan datanya bisa diakses kapanpun, sistem e-procurement juga mempermudah proses pengadaan barang dan jasa yang selama ini dipandang rumit.

Mbiz sendiri belum lama ini mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Bali. Pemprov Bali menggunakan jasa e-procurement Mbiz yang ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama.

Pemprov Bali memilih platform e-marketplace dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa. Hal ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Bali agar pelayanan ke publik bisa lebih mudah, cepat dan efisien.

"Kami mengapresiasi kerjasama pemanfaatan platform e-marketplace Mbizmarket dalam upaya mendorong pengadaan barang/jasa pemerintah ke depan melalui digitalisasi untuk mewujudkan pengadaan barang jasa yang mudah, cepat, efisien dan akuntabel. Selanjutnya saya menaruh harapan besar platform e-marketplace Mbizmarket dapat menjadi solusi berbagai hambatan proses pengadaan barang/jasa pemerintah selama ini dalam upaya mengurangi kerja administratif yang kurang produktif dalam menunjang Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali era Baru," Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Bali Drs. Dewa Made Indra.



Simak Video "ICW Sebut Pengadaan Barang dan Jasa Terkait Corona Rawan Dikorupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)