Google Mau Investasi Rp 144 T di Kampung Halaman Sang Bos

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 14 Jul 2020 09:32 WIB
Google: WHO dan Pemerintah AS Jadi Target Serangan Phising
Foto: DW (News)
Jakarta -

Google berencana untuk berinvestasi senilai US$ 10 miliar setara Rp 144 triliun (kurs Rp 14.400) ke India dalam beberapa tahun ke depan. Rencana ini sebagian besar untuk memperluas manfaat dan jangkauan internet di India.

Dikutip dari CNN, Selasa (14/7/2020) CEO Google Sundar Pichai mengumumkan rencana investasi ini melalui streaming langsung pada Senin kemarin di acara tahunan Google India. Pichai menjelaskan investasi ini sebagai bentuk kepercayaan Google terhadap masa depan dan ekonomi digital di India.

Pichai berharap investasi ini mendapat dukungan lebih dari Perdana Menteri India Narendra Modi, pemerintah India, dan pelaku bisnis di India dalam mewujudkan visi bersama terhadap ekonomi digital di sana.

"Tujuan kami adalah memastikan bahwa India tidak hanya mendapat manfaat dari gelombang inovasi berikutnya di dunia digital tetapi juga memimpinnya," ungkap Pinchai.

Investasi dari Google untuk India Digitization Fund ini akan digelontorkan ke sektor teknologi India selama lima hingga tujuh tahun ke depan melalui campuran investasi ekuitas, kemitraan, dan pengeluaran untuk infrastruktur. Fokusnya pada akses dan informasi yang terjangkau untuk setiap orang India dalam bahasa mereka sendiri.

Selain itu, untuk membangun produk atau layanan baru yang relevan dengan kebutuhan di India, membantu bisnis dengan transformasi digital dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk kebaikan sosial, di bidang-bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan pertanian.

India adalah pasar internet yang paling cepat berkembang di dunia, dengan hampir 700 juta pengguna internet. Negara ini telah menarik miliaran dolar investasi selama 15 tahun terakhir dari Google, Facebook (FB), Netflix (NFLX) dan Twitter (TWTR).

Angka-angka investasi menunjukkan masih ada potensi besar untuk pertumbuhan digitalisasi di India. Rencana Google, dan kegiatan penggalangan dana baru-baru ini oleh pengusaha India Mukesh Ambani, menunjukkan investor siap untuk berkomitmen lebih banyak lagi di India.



Simak Video "Karyawan Google Akan Ngantor Lagi pada 1 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)