Mohon Maaf, Penonton Bioskop Dibatasi Hanya 50%

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 14 Jul 2020 13:45 WIB
Seluruh bioskop akan dibuka kembali pada Rabu (29/7/2020) Para penikmat film pun kini menanti dibukanya kembali bioskop Indonesia. Saat ini Cinema 21 yang berada di salah satu mal Jakarta terlihat masih sepi. Pandemi Covid-19 mengakibatkan ditutupnya tempat hiburan, termasuk bioskop.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Bioskop bakal beroperasi lagi 29 Juli 2020 mendatang. Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, bioskop diizinkan beroperasi dengan pengunjung maksimal 50% dari total kapasitas normal.

Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol mengatakan pengunjung wajib menjaga jarak di dalam bioskop sesuai dengan pengaturan kursi yang telah ditetapkan. Aturannya yakni 1 kursi terisi, 1 kursi kosong, begitu seterusnya. Artinya keterisian hanya 50%.

"Dalam studio selalu menjaga jarak sesuai dengan pengaturan kursi yang telah ditetapkan," kata dia kepada detikcom, Selasa (14/7/2020).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua GPBSI Djonny Syafruddin. Pengaturan duduk di bioskop akan dilakukan dengan physical distancing yang mana aturannya yakni 1 kursi terisi, 1 kursi kosong. "Satu isi satu kosong. Jadi isi, kosong, isi, kosong," tegas Djonny ketika dihubungi detikcom secara terpisah.

Dengan aturan tersebut, maka pengunjung yang datang dengan keluarga tetap duduk berjarak, pengaturan itulah yang akan diterapkan di tahap awal pembukaan bioskop nanti.

"Kan beda-beda bioskop. Kalau premier ya pokoknya satu ada yang kosong. Permasalahan keluarga itu 2 belum diputuskan. Kita tetap 1 isi, 1 kosong. Kan kalau belajar dari A dulu baru ke Z, pelan-pelan kita belajar," papar Djonny.

Sebelum memasuki bioskop, pengunjung diminta untuk men-scan QR Code dan mengisi formulir secara online. Hal ini dilakukan untuk mendata setiap pengunjung yang datang ke bioskop.

Pengunjung yang datang ke bioskop dipastikan harus memakai masker dan menggunakan hand sanitizer. Sebelum masuk akan dilakukan pengecekan suhu badan dan yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celcius dilarang masuk.

ipad pro



Simak Video "Begini Gaya Seating Plan Bioskop di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)