Aset yang Dikelola Basuki Tembus Rp 1.800 T, Kalahkan Prabowo

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 15 Jul 2020 17:56 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendatangi gedung DPR RI. Ia menghadiri rapat kerja bersama Komisi V DPR RI.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan aset yang dikelola Kementerian PUPR saat ini tembus Rp 1.800 triliun. Ia mengatakan, jumlah aset yang dikelolanya ini mengalahkan aset yang dikelola Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

"Aset PUPR yang saat ini ada Rp 1.800 triliun. Alhamdulillah ada yang lebih tinggi sekarang dari Kementerian Pertahanan," kata Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Perlu diketahui, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan sebelumnya mencatat aset Kemenhan tembus Rp 1.645,56 triliun.

Basuki mengatakan, aset yang ada senilai Rp 1.800 triliun itu masih terus dioptimalisasi. Pasalnya, masih banyak aset PUPR yang belum terdata dan masuk investaris Kementerian PUPR.

"Kami sedang ingin melakukan optimalisasi aset," ujar Basuki

Namun, dalam melakukan optimalisasi ini ia masih menemukan hambatan terkait aturan di Kementerian Keuangan dengan Kementerian ATR/BPN yang saling berkaitan.

"Ini terkendala dengan aturan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) terutama tentang masalah tanah, rumahnya, dan bangunannya," tutur dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pimpinan KPK Sambangi Kantor Menteri PUPR, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]