Zulficar Mochtar Dirjen Perikanan Tangkap KKP Dikabarkan Mundur

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 15 Jul 2020 22:52 WIB
Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Zulficar Mochtar
Zulficar Mochtar dikabarkan mundur dari jabatan Dirjen Perikanan Tangkap/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Beredar surat Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) M Zulficar Mochtar, mundur dari jabatannya. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, keputusan pengunduran diri tersebut tertuang dalam sebuah surat yang ditujukan kepada pejabat KKP.

Salah satu isi surat itu menyebutkan Zulficar telah mengajukan pengunduran diri kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Zulficar juga menyatakan telah menjelaskan alasan pengunduran dirinya kepada Edhy Prabowo.

Keputusan Zulficar tersebut terjadi di tengah pro kontra kebijakan Edhy Prabowo yang membuka keran ekspor benih lobster dan mengizinkan alat tangkap cantrang. Di sisi lain, soal urusan benih lobster dan alat tangkap cantrang selama ini menjadi wewenang Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap.

detikcom sudah berupaya menelepon beberapa kali maupun mengirim pesaan via WhatsApp, namun hingga berita ini diturunkan Zulficar belum juga merespons.

Seperti diketahui, larangan ekspor benih lobster maupun penggunaan cantrang merupakan salah satu program Susi Pudjiastuti saat masih menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi juga sempat mengkritik kebijakan Edhy Prabowo yang membuka ekspor benih lobsterr dan mengizinkan pemakaian cantrang.



Simak Video "Penangkapan oleh Bea Cukai, Putra Siregar: Aku Dijebak "
[Gambas:Video 20detik]
(hns/ang)