Ekonomi AS Masih Bisa Selamat dari Corona, Asalkan...

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 16 Jul 2020 09:29 WIB
Gedung saham New York atau yang dikenal sebagai Bursa Saham Wall Street
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Ekonomi Amerika Serikat (AS) masih bisa diselamatkan atau diperbaiki jika Kongres memberikan bantuan kepada pemerintah daerah. Hal itu diungkapkan Ben Bernanke, ekonom dari Brookings Institution.

Dia menilai kurangnya dukungan terhadap pemerintah daerah saat ancaman resesi datang merupakan kesalahan yang besar. Apalagi Departemen Tenaga Kerja mencatat sudah ada 1,5 juta orang yang kehilangan pekerjaan sejak Februari 2020. Menurut Beng angka pengangguran akan terus bertambah.

Ben berpendapat, pandemi Corona telah berdampak pada pendapatan suatu negara. Pajak pendapatan dan penghasilan menurun membuat banyak negara mengalami defisit anggaran.

"Seperti hari ini, dengan penerimaan pajak yang menurun tajam saat perlambatan ekonomi, pemerintah daerah harus memangkas pengeluaran agar terjadi keseimbangan anggaran," kata Ben seperti yang dikutip dari CNN Business, Kamis (16/7/2020).

Paket stimulus yang pada 2009, dikatakan Ben bisa membantu perbaikan ekonomi AS dari ancaman resesi. Demokrat mendorong pemberian paket stimulus sebesar US$ 1 triliun untuk pemerintah setempat. Namun pihak Republik belum mengesahkan.

"Hambatan fiskal ini dulu berkontribusi pada tingginya pengangguran yang mencapai 10% pada akhir 2009," katanya.



Simak Video "Twitter hingga Zoom Wajib Bayar Pajak Mulai 1 Oktober 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)