Menanti Realisasi Ekonomi China Kuartal II-2020, Tumbuh Lagi Nih?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 16 Jul 2020 09:44 WIB
Dampak ekonomi wabah virus corona bisa lebih buruk daripada yang diperkirakan
Foto: Ap Photo
Jakarta -

Ekonomi China kemungkinan kembali bertumbuh di kuartal II usai terkontraksi hebat di kuartal I tahun 2020. Pertumbuhan ekonomi negeri Tirai Bambu diramal jauh membaik karena lockdown yang sudah selesai ditambah adanya stimulus penanggulangan dampak Corona.

Mengutip Reuters, Kamis (16/7/2020), pengumuman angka pertumbuhan ekonomi China ditunggu-tunggu oleh seluruh negara di dunia. Adapun pengumuman akan dilakukan pada Kamis pagi waktu setempat.

Hasil survei Reuters kepada analis diperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan tumbuh di level 2,5% pada kuartal II-2020, realisasi tersebut merupakan pembalikan ekonomi yang pada kuartal sebelumnya turun 6,8%.

Meski demikian, tingkat pertumbuhan tersebut masih menyisakan catatan. Meningkatnya kasus penyebaran Corona di beberapa negara termasuk Amerika Serikat (AS) berdampak pada kinerja ekspor China.

Meski ada tanda tingkat kepercayaan konsumen secara bertahap membaik, namun sektor jasa di China belum pulih lantaran didominasi oleh perusahaan-perusahaan kecil. Meski ekonomi China sudah menunjukkan pemulihan yang stabil, namun tantangan yang berasal dari dalam maupun luar negeri masih tinggi.

Selain merilis angka pertumbuhan ekonominya, pada hari Kamis waktu setempat juga pemerintah China akan merilis angka penjualan ritel hingga realisasi investasi.



Simak Video "Jurus Mendag Agus Suparmanto Tangkal Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)