4 Tips Atur Uang Biar Nggak Seperti Kasus Utang 'Bu Kombes'

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 14:20 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kasus yang menimpa Febi Nur Amalia bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua dalam atur uang. Keuangan kita yang kelola setiap bulannya bisa aman dan terbebas dari jeratan utang.

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho mengungkapkan ada empat poin yang bisa menyelamatkan keuangan kita dari jeratan utang.

"Pertama, jangan membiasakan diri utang melakukan konsumsi secara berlebihan sehingga membuat pengeluaran lebih besar dari pemasukan," kata Andy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Kedua, dikatakan Andy adalah mulai rutin menabung dari pemasukan yang ada. Menurut dia, sekecil apapun jumlah uang yang disisihkan untuk menabung akan membantu di kemudian hari.

Ketiga, lebih memilih menggadaikan atau menjual aset yang dimiliki dalam keadaan yang mendesak daripada berutang.

Keempat, Mulai melatih diri untuk berbisnis atau mencari penghasilan tambahan seandainya merasa penghasilan yang didapat setiap bulan masih kurang.

Sosok Febi Nur Amalia belakangan ini menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Febi yang ingin menagih utang agar uangnya dikembalikan justru terkena tuntutan dua tahun penjara lantaran cara menagihnya dianggap mencemarkan nama baik.

Febi memang menagih utang kepada 'Bu Kombes' via Instagram. Akibat perbuatannya itu, dia dituntut melanggar pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Febi dianggap terbukti mencemarkan nama baik lewat media sosial.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resesi Datang, Rezeki Tak Berkurang"
[Gambas:Video 20detik]