Jokowi Siapkan Bansos Khusus UMKM

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 17:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan bantuan sosial (bansos) yang akan diberikan kepada UMKM. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempersiapkan hal ini.

Nantinya bantuan langsung ini diberikan kepada pelaku UMKM yang usahanya tidak bankable alias tidak terjangkau oleh bank.

"Pak Presiden menyiapkan tambahan bantuan baru yaitu bansos produktif. Ini akan diberikan cukup besar untuk UMKM yang belum bankable," kata Teten dalam launching digiKU yang disiarkan di YouTube, Jumat (17/7/2020).

"Mudah-mudahan dengan digelontorkan lagi pembiayaan ini, UMKM mereka bisa kembali produktif," ujarnya.

UMKM sendiri selama pandemi virus Corona sudah mendapatkan sederet bantuan dari pemerintah, mulai dari restrukturisasi pinjaman bank hingga pinjaman dengan bunga murah.

"Pemerintah sudah memasukkan UMKM ke dalam program pemulihan ekonomi nasional. Kami berikan restrukturisasi pinjaman, subsidi bunga kredit dan pajak, juga ada pinjaman baru dengan bunga murah," ujar Teten.

Selain itu, saat ini pemerintah juga sedang mendorong gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Program ini merupakan kampanye untuk menggalakkan pembelian produk lokal.

Pelaku UMKM yang mendaftarkan diri akan diberikan fasilitas pelatihan hingga permodalan. Selain itu, gerakan ini juga mendorong UMKM menjual produknya secara online.



Simak Video "Dicari! Pahlawan Digital UMKM Andalan Teten Masduki dan Putri Tanjung"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)