Ada UMKM yang Omzetnya Naik 100% di Tengah Corona, Ini Rahasianya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 17:50 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan pentingnya UMKM untuk masuk ke pasar online. Apalagi di tengah pandemi virus Corona.

Agus menyebut UMKM bisa meningkatkan omzetnya dengan memasarkan produknya secara digital. Dia mencontohkan ada sebuah UMKM di bilangan Pondok Indah Jakarta Selatan yang omzetnya bisa naik 100-120% saat menjajakan produknya secara online.

"Dengan adanya pandemi mereka melakukan promosi dan memasarkan produknya secara digital, impact-nya besar. Ada tadinya pendapatan sehari cuma Rp 5 juta, masuk digital bisa naik sampai 100-120% per hari," kata Agus dalam peluncuran digiKU yang disiarkan di YouTube, Jumat (17/7/2020).

"Ini contoh yang saya survei, salah satu UMKM di Pondok Indah ini, saya melihat langsung dan ini karena digital," ungkapnya.

Pemerintah juga sedang mendorong kampanye Bangga Buatan Indonesia. Kampanye ini mendorong UMKM di Indonesia untuk memanfaatkan platform digital.

Targetnya program ini menjaring 2 juta UMKM untuk membentuk ekosistem pasar digital. Selain itu, gerakan ini juga memberikan akses pelatihan dan modal bagi para UMKM.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa Indonesia memiliki pasar yang besar. Dia menyebutnya peluang yang seksi. Maka dari itu, pelaku UMKM harus segera memanfaatkannya.

"Pasar kita itu ada 270 juta orang. Sebuah pasar yang besar, bangsa lain bilang ini seksi, jangan sampai bangsa kita membiarkan gitu saja," kata Wishnutama.



Simak Video "Jurus Mendag Agus Suparmanto Tangkal Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)