Bisnis Hewan Kurban di Tengah Pandemi Masih Moncer?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 19 Jul 2020 06:06 WIB
Hewan Kurban
Foto: Hewan Kurban (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha sudah dekat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pedagang hewan kurban mulai menggelar lapaknya di pinggir jalan dengan harapan bisa meraih untung dari momen tahunan tersebut.

Tak hanya lapak pinggir jalan, 'mal' atau pusat belanja hewan kurban yang sudah terkenal seperti milik Haji Doni di kawasan Depok, Jawa Barat juga buka menyambut Idul Adha.

Namun, tahun ini akan terasa berbeda. Lantaran, pandemi COVID-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Bukan hanya kesehatan, pandemi juga memberi dampak besar pada perekonomian.

Bagaimana dengan penjualan hewan kurban?

Doni mengatakan, Corona memberikan dampak pada penjualan hewan kurban yang bakal turun. Hal itu juga membuat pedagang seperti dirinya mengurangi stok atau pasokan hewan kurban yang dijual.

"Stok juga penjualan (turun), otomatis ya, karena pembeli turun stok juga kita turun," katanya kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Dia menjelaskan, adanya pandemi membuat banyak orang kehilangan pendapatan hingga pekerjaannya. Sehingga, daya beli masyarakat untuk membeli hewan kurban juga turun.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Heboh Pria di Garut Minum Segelas Darah Sapi Kurban"
[Gambas:Video 20detik]