Mulai Usaha Nggak Punya Modal? Coba Cara Ini Saja

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 22 Jul 2020 10:42 WIB
5 Tips Bisnis Kuliner Online untuk Pemula
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Modal sering menjadi masalah saat seseorang mau mulai membuka usaha. Namun jangan khawatir, kini sudah banyak cara untuk memulai usaha tanpa modal.

Seperti yang dicontohkan pakar digital marketing Denny Santoso, untuk membuka toko online misalnya, Denny mengatakan banyak orang bisa memulai bisnis dengan menjadi dropshipper ataupun menjual barang yang pre-order alias PO.

"Buat saya yang simple itu PO (pre-order) atau dropship, dropship aja kan nggak pakai modal. PO juga bisa anda ngumpulin order dulu," ujar Denny dalam sesi d'Mentor bersama detikcom, Selasa (21/7/2020).

Sambil memulai usaha, menurut Denny si pelaku usaha bisa memulai membuat akun di sosial media untuk kemudian diisi konten untuk promosi produknya.

"Sambil start dengan bangun akun di IG atau YouTube untuk promosinya. Dulu masuk tv atau radio mahal sekarang kita upload sana sini itu gratis," ujar Denny.

Apabila sudah ada uang lebih, menurut Denny pelaku usaha bisa mulai menyewa slot iklan untuk produknya. Ataupun melakukan endorse.

"Anda bisa pelan pelan organik, kalau mau cepat iklan dan endorse," kata Denny.

Denny Santoso sendiri memiliki suatu strategi bernama List Building yang merupakan strategi dasar sebelum memulai bisnis online. Melalui program yang dinamakan List Building Mastery (LBM), Denny ingin memberi edukasi bisnis kepada masyarakat terutama bagi para pebisnis yang kini mengalami penurunan karena terdampak pandemi Covid-19. Selain bagi pebisnis, LBM juga cocok bagi para pemula yang sedang mencari ide bisnis. Kursus LBM ini sendiri berisi semua strategi serta teknis yang dilengkapi dengan modul soft-copy, framework, tugas harian dan video tutorial yang dapat diakses di platform Tribelio.

(eds/eds)