4 Tips Rapat Virtual Buat Introvert

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 16:26 WIB
zoom
Foto: Zoom
Jakarta -

Bagi sebagian pekerja, rapat secara virtual atau video tampak sangat membebani karena lebih sering dilakukan. Hal inilah yang sering dirasakan seorang introvert. Mereka akan cenderung merasa kelelahan.

Rapat virtual semakin sering dilakukan di tengah pandemi virus Corona. Dengan adanya protokol menjaga jarak, kegiatan dan interaksi dinilai lebih fleksibel dilakukan secara virtual.

Mengapa rapat virtual tampak melelahkan? banyak faktor yang memengaruhinya. Dikutip dari Reuters, Kamis (23/7/2020), ada empat tips yang bisa dilakukan seorang introvert bagi karyawan dan manajer agar tetap bisa beradaptasi selama era konferensi video virtual saat ini.

1. Jadikan Sebagai Opsional

Obrolan video dapat membuat Anda merasa seperti terus-menerus berada di atas panggung dan cenderung menyulitkan seorang introvert. Adakan rapat sesekali yang hanya untuk audio atau mute kamera agar Anda tidak selalu tampil di layar.

2. Kembangkan Keterampilan Komunikasi Via Chat

Jika sulit menyampaikan pendapat melalui video. Seorang introvert bisa memanfaatkan ruang obrolan saat rapat. Anda bisa menuangkan ide dan isi pikiran Anda melalui teks.

3. Batasi Jumlah Rapat

Bagi para atasan coba pertimbangkan seberapa banyak rapat yang harus dilakukan melalui video dan mana yang bisa dilakukan hanya melalui chat dan email.

Begitu juga bagi anak buah, Anda bisa lebih selektif untuk meminta agar rapat tidak melulu dilakukan melalui video. Agar menghemat energi dan mental rapat bisa dilakukan dengan email dan via teks lainnya. Hal itu juga bisa meningkatkan kontribusi pekerja selama WFH.

4. Bepikir Seperti Penyiar

Jika terpaksa harus melakukan rapat melalui video, coba buat peralatan dan tempat kerja senyaman mungkin. Berpikirlah bahwa Anda seorang penyiar. Dengan latar belakang yang profesional, mikrofon yang layak, sudut pandang kamera yang baik, dan postur tubuh yang baik. Beberapa penyesuaian itu akan meningkatkan kepercayaan diri di depan kamera dan mengurangi kecemasan.



Simak Video "Pandemi Corona, Masyarakat Diimbau Ibadah Via Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)