5 Langkah Sukses Mencari Pekerjaan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 11:00 WIB
Monitor view over a male shoulder, job search title on the screen, close up. Education, business concept photo
5 Langkah Sukses Mencari Pekerjaan
Jakarta -

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah dilakukan, apalagi di tengah pandemi Corona (COVID-19) seperti sekarang ini. Para pencari kerja harus bisa menemukan peluang yang tepat untuk bisa bersaing dengan kandidat lain.

Untuk itu, diperlukan keseriusan dalam merencanakan pencarian kerja dan mengambil langkah-langkah proaktif selama proses pencarian. Pencari kerja harus bisa tampil menonjol hingga akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Melansir Jobstreet.com, berikut 5 panduan sukses untuk mencari kerja:

1. Tentukan Keterampilan dan Minat dengan Jelas

Umumnya, para pencari kerja yang belum berpengalaman serta beberapa kandidat berpengalaman akan langsung mencari pekerjaan dengan hanya berdasarkan pada gelar pendidikan atau pekerjaan mereka sebelumnya. Namun nyatanya, pada masa di mana fungsi pekerjaan telah didefinisikan secara luas, akan lebih baik jika Anda mendefinisikan aset, keterampilan terbaik serta minat Anda terlebih dahulu sebelum mulai mencari pekerjaan.

Hanya karena Anda memiliki gelar sarjana teknologi informasi (IT) bukan berarti Anda harus bekerja sebagai seorang system administrator atau technical support specialist. Ada beragam pekerjaan di luar sana yang dapat Anda pilih, selama Anda dapat mendefinisikan keterampilan dan minat Anda dengan jelas.

Mulailah bertanya kepada diri Anda sendiri, "Bidang apa yang benar-benar saya kuasai? Hal-hal apa yang paling saya sukai? Hal apa yang paling berharga bagi diri saya?" Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diri Anda sendiri, Anda dapat menyingkirkan keraguan akan apa yang ingin Anda kerjakan dan mulai menemukan suatu arah tujuan dalam pencarian kerja Anda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3