Luhut Ungkap Modal RI Jadi Pemain Utama Mobil Listrik

- detikFinance
Minggu, 26 Jul 2020 16:59 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hilirisasi mineral yang digencarkan pemerintah dapat menjadi salah satu penopang ekonomi pasca pandemi dan juga akan menjadikan Indonesia sebagai pemain utama di dunia dalam hal baterai lithium dan mobil listrik.

Menurut Menko Luhut ketika dalam Webinar dengan tema "Investasi di Tengah Pandemi", Sabtu (25/7/2020), bersama dengan sektor lainnya seperti pariwisata dan UMKM, industri hilirisasi akan terus didorong karena potensinya sangat besar dalam membantu perekonomian nasional ke depan.

"Saya tidak mengatakan hilirisasi sendiri, karena semua harus paralel. Tapi dengan hilirisasi ini paling tidak sudah menyumbang perkiraan untuk tahun ini sebesar US$ 10 miliar. Itu angka yang besar," ujar Menko Luhut.

Sektor hiliirisasi mineral cukup berperan untuk menopang perekonomian pasca pandemi. Hal ini dikarenakan sektor hilirisasi tidak terdampak terlalu dalam dan ekspor produk turunan yang dihasilkan dari pabrik pengolahan semakin menunjukkan dampak positif.

"Hilirisasi nikel ini akan kita kembangkan sampai ujungnya baterai lithium dan juga keperluan lain untuk mobil listrik. Dan kita akan menjadi pemain utama lithium baterai ini," jelas Luhut.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]