Ini 10 Orang Paling Kaya di Korsel, Tak Ada Artis Drakor dan K-Pop

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 10:38 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan
Foto: Ilustrasi
Jakarta -

Korea Selatan (Korsel) mengalami resesi, tapi negeri gingseng itu masih memiliki sederet orang-orang super kaya. Bahkan ada yang punya harta lebih dari Rp 200 triliun.

Mengutip Forbes, Rabu (29/7/2020), ada 10 orang paling kaya yang berasal dari Korsel. Namun tidak ada satupun dari mereka yang berasal dari industri K-POP ataupun artis drama korea (drakor).

Berikut daftarnya:

1. Lee Kun-hee

Lee merupakan chairman raksasa elektronik Samsung. Ia memiliki kekayaan bersih US$ 17,3 miliar atau setara Rp 242,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.000). Pada tahun 2014, ia terkena serangan jantung dan dirawat di rumah sakit. Belum ada informasi mengenai kondisi Lee.

2. Seo Jung jin

Dia merupakan salah satu pendiri Celltrion perusahaan biofarmasi yang membuat obat-obatan untuk kanker, influenza dan lain-lain. Total kekayaannya mencapai US$ 11,4 miliar atau sekitar Rp 159,6 triliun. Awal tahun ini, Seo mengumumkan pengunduran diri dari chairman Celltrion dan pensiun di akhir tahun.

3. Nexon Kim Jung ju

Kim adalah pendiri perusahaan game online. Kim memiliki kekayaan sebesar US$ 9,6 miliar atau Rp 134,4 triliun.

4. Jay Y Lee

Jay merupakan vice chairman Samsung dengan kekayaan US$ 6,7 miliar atau Rp 93,8 triliun. Kemudian disusul Kim Beom su pendiri dan chairman Kakao yakni aplikasi pesan dengan total kekayaan bersih US$ 5,2 miliar atau Rp 72,8 triliun.

5. Kim Beom su

Kim merupakan pendiri dan pemilik aplikasi chatting Kakao. Aplikasi itu terpasang di 90% smartphone di Korsel. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 5,2 miliar.

6. Kwon Hyuk bin

Kwon merupakan pendiri Smilegate, perusahaan paling sukses di Korsel. Dia mendirikan perusahaan itu pada tahun 2002. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 4 miliar.

7. Chey Tae won

Chey mengepalai Grup SK, sebuah konglomerat terbesar ketiga Korsel di bidang telekomunikasi, semikonduktor, bahan kimia dan energi. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3,3 miliar.

8. Mong Koo chung

Mong-Koo Chung adalah pimpinan dari Hyundai Motor, produsen mobil terbesar Korea Selatan. Dia memimpin perusahaan itu selama lebih dari 20 tahun sebelum akhrinya mengundurkan diri pada Maret 2020. Dia digantikan oleh putra tunggalnya Euisun, yang juga seorang miliarder. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3,2 miliar.

9. Suh Kyung bae

Suh Kyung-bae adalah Chairman AmorePacific, sebuah pembuat kosmetik dan perawatan kulit terbesar di Korea Selatan. Dia memanfaatkan gelombang Hallyu, minat dalam budaya pop Korea yang telah melanda Asia dan AS. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 3 miliar.

10. Kim Taek jin

Kim Taek-jin adalah pendiri NCSoft, perusahaan game online nomor 2 Korea Selatan yang ia dirikan pada tahun 1997. Dia membawa perusahaan menjadi go public pada tahun 2003, dan masih menjabat sebagai CEO. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 2,5 miliar.



Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)