Lihat Celah Bisnis Saat Pandemi, Dede Cari Cuan Lewat GrabKios

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 15:35 WIB
GrabKios
Foto: Grab
Jakarta -

Untuk menjadi orang yang sukses, memang menempuh jalan penuh dengan lika-liku. Itu juga yang dialami Dede yang melakoni berbagai pekerjaan selama 4 tahun, bahkan ada yang harus dijalani secara bersamaan.

Semuanya berawal ketika Dede bekerja di sebuah mal sambil menarik ojek, Dede pun memutuskan untuk mendaftar menjadi mitra GrabBike di tahun 2017. Selama 4 tahun bekerja, dirinya juga sempat resign dari kantornya dan fokus untuk menekuni profesinya sebagai driver ojek online.

Dede pun kembali mencoba hal yang baru, kala itu dirinya bekerja di sebuah kedai kopi sambil melanjutkan kegiatannya menjadi pengemudi Grab. Pekerjaannya di kedai kopi tersebut tidak sia-sia, semua ilmu yang ia dapatkan diserap dan membuat dirinya membeli franchise kedai kopi yang terletak di samping kampus UNTAR.

Namun, pandemi seakan menghantam bisnis kopi miliknya dan mempengaruhi kondisi ekonomi Dede karena kini bisnisnya tersebut menjadi sepi, pendapatannya menjadi driver juga berkurang drastis. Kondisi tersebut membuat Dede memutuskan untuk menutup kedai kopi miliknya sementara waktu.

Tetapi dirinya sadar akan keadaan yang telah berubah tersebut dan mencoba untuk mencari peluang lainnya. Ia pun teringat GrabKios yang menurutnya dapat mendatangkan keuntungan di saat pandemi ini. Ini dikarenakan, berjualan di GrabKios hanya membutuhkan ponsel saja.

"Sayang, ada HP tapi cuma buat mainan aja, mending dijadikan ladang penghasilan," kata Dede dilansir dari Instagram resmi GrabKios, Rabu (29/7/2020).

Lewat GrabKios, Dede bisa menawarkan berbagai layanan bagi pelanggannya seperti, melayani pembelian pulsa, paket data, hingga kirim uang. Jadi, pelanggan yang datang tidak hanya sekedar membeli minuman saja, tapi dengan adanya GrabKios, Dede bisa memberikan layanan lainnya.

"Meskipun baru bergabung menjadi mitra, GrabKios bisa membantu saya mencari penghasilan tambahan," ungkap Dede.

Bagi Dede, perjuangannya masih panjang. Menurutnya, manusia harus #TerusUsaha dan tidak bisa hanya berdiam diri untuk mencari rezeki.



Simak Video "Grab 'Sekolahkan' Mitra Pengemudinya Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)