Sudah Akhir Juli, Kapan Pendaftaran Pra Kerja Gelombang 4 Dibuka?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 10:43 WIB
kartu pra kerja
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Bulan Juli sudah mau berakhir. Namun kepastian kapan pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja masih abu-abu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pernah mengatakan pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja bakal dibuka bulan Juli ini.

"Yang sekarang untuk online dalam waktu kira-kira 2 minggu akan dipersiapkan kembali dan ini akan masuk di gelombang ke 4," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar yang diselenggarakan detikcom, Jumat (10/7/2020) lalu.

Hal itu juga pernah dikatakan oleh Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin. Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 dijanjikan bakal dibuka minggu ke-4 bulan Juli ini setelah mendapat verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai lembaga pelatihan yang disebut sudah akan selesai.

"Jadi verifikasi ini kan ada lembaga pelatihan yang sedang diverifikasi BPKP, kita berharap selesai minggu ini aturan pelaksanaan dan turunan Permenko diselesaikan paralel sehingga minggu ke-4 (Juli) bisa dibuka batch ke-4," kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin, di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Jika sudah dibuka nanti, ditargetkan 500.000 orang akan lolos masuk gelombang 4 Kartu Pra Kerja.

Terkait kepastian kapan dibukanya, detikcom telah mencoba menghubungi pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Namun keputusannya tetap ada di pihak Project Management Officer (PMO/manajemen pelaksana) program Kartu Pra Kerja. Sedangkan pihak PMO sampai berita ini diturunkan belum mau memberikan jawaban.

Jika memang sesuai rencana yakni bulan Juli, berarti pendaftaran gelombang 4 bakal dimulai antara hari ini Kamis (30/7) atau Jumat (31/7) besok. Namun untuk kepastiannya, kita tunggu saja ya detikers!



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)