RI Pilih Tak Lockdown, Luhut: Agar Ekonomi Tak Seluruhnya Mati

Angga Riza - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 22:18 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho
Nusa Dua -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhur Binsar Pandjaitan mengungkap kembali alasan pemerintah tidak memilih lockdown. Seperti diketahui bersama kebijakan yang dipilih pemerintah adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB agar sebagian kegiatan ekonomi tetap berjalan.

Luhut mengatakan banyak yang mengkritik soal tidak memilih lockdown. Namun, Luhut menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membuat keputusan mencari format yang pas buat Indonesia. Langkah ini diambil karena tidak pernah diketahui COVID-19 berapa lama akan terjadi dan berapa besar dampaknya.

"Nah oleh karena itu, akhirnya dalam perdebatan yang panjang dan intensif akhirnya diputuskanlah istilah PSBB ini. PSBB ini tidak lockdown, dan ternyata keputusan itu sangat benar pada hari ini karena dengan demikian ekonomi kita tidak seluruhnya mati, tapi masih ada hidup," ujar Luhut dalam acara Deklarasi Program Kepariwisataan dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Pariwisata berbasis QRIS serta Launching Aplikasi Love Bali di Kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali, Kamis (30/7/2020).

Selain itu, Luhut menjelaskan pemerintah telah mengambi langkah-langkah yang komprehensif dalam penanganan COVID-19, dan semua sektor tertangani. Semua program bantuan maupun stimulus dilakukan dengan baik.

Salah satunya adalah sektor pariwisata yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah karena kontribusi bagi penerimaan negara sangat tinggi, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang. Luhut juga menambahkan, dalam menjalankan kebijakan saat ini, penanganan COVID dan penanganan ekonomi harus berjalan seiring.

"Penanganan COVID yang benar akan menstimulus ekonomi kita dengan benar. Jadi, semua negara di dunia mengalami masalah ini dan orang atau negara lain melihat juga bagaimana kita menangani COVID," tutur Luhut.



Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/idn)