Gigit Jari Deh! Pendaftaran Pra Kerja Gelombang 4 Diundur Agustus!

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 31 Jul 2020 15:15 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Para pejuang Kartu Pra Kerja harus gigit jari. Pasalnya pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja batal dibuka bulan Juli ini.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahuddin mengatakan pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 diundur menjadi Agustus 2020 alias bulan depan.

"Pembukaan batch 4 rencananya diundur menjadi minggu pertama Agustus," kata Rudy kepada detikcom, Jumat (31/7/2020).

Rudy menjelaskan alasan pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja ini harus diundur. Dia bilang pemerintah masih menunggu aturan turunan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Pra Kerja.

"Setelah itu diharmonisasi dengan kementerian/lembaga terkait, baru diadakan rapat komite Cipta Kerja. Setelah itu baru kita buka pendaftaran batch 4," terangnya.

Dia meminta para calon peserta Kartu Pra Kerja tidak perlu khawatir karena saat dibuka nanti kuota yang disediakan akan lebih besar.

"Para pendafar/calon peserta tidak perlu khawatir karena batch 4 dan seterusnya kita akan buka dengan kuota yang lebih besar," janjinya.

Sebelumnya Rudy pernah menyebut pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 bakal dibuka minggu ke-4 bulan Juli ini.

"Jadi verifikasi ini kan ada lembaga pelatihan yang sedang diverifikasi BPKP, kita berharap selesai minggu ini aturan pelaksanaan dan turunan Permenko diselesaikan paralel sehingga minggu ke-4 (Juli) bisa dibuka batch ke-4," kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin, di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Diundurnya pendaftaran gelombang 4 Kartu Pra Kerja bukan kali ini saja. Berdasarkan catatan detikcom, awalnya pihak PMO menyatakan akan membuka pendaftaran gelombang ke 4 usai Lebaran Idul Fitri 2020.

"Jadi teman-teman yang mendengar program ini, saya minta maaf, maaf bahwa saya janji surga waktu itu (pendaftaran gelombang 4) akan dibuka setelah Lebaran," kata Direktur Eksekutif PMO program Kartu Pra Kerja, Denni Puspa Purbasari, Senin (8/6/2020).



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)