Microsoft Dikabarkan Mau Beli TikTok

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 01 Agu 2020 09:28 WIB
aplikasi tiktok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Salah satu perusahaan teknologi dunia, Microsoft saat ini sedang melakukan pembicaraan untuk pembelian aplikasi TikTok. Mengutip CNBC, salah satu sumber menyebutkan jika Microsoft telah melakukan pembahasan bersama pemilik TikTok yaitu China ByteDance.

Dengan aksi korporasi ini Microsoft akan menjadi perusahaan penyedia perangkat lunak besar yang berkonsentrasi pada teknologi konsumen. Padahal sebelumnya Microsoft sangat menghindari software untuk smartphone, kebugaran, dan e-book.

Sebelumnya Microsoft juga telah mengakuisisi Linkedln seharga US$ 27 miliar pada 2016. Lalu membeli developer game Monjang atau penyedia Minecraft sebesar US$ 2,5 miliar. Dengan dikuisisnya TikTok, Microsoft akan menjangkau pengguna-pengguna milenial di Amerika Serikat (AS).

China ByteDance meluncurkan TikTok pada 2017. Aplikasi ini sangat populer apalagi saat pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai negara. Pada April saja, TikTok sudah diunduh oleh 2 miliar orang. TikTok kini menjadi pesaing berat Facebook dan SnapChat.

ByteDance mematok harga sebesar US$ 50 miliar untuk investor yang ingin membeli TikTok. Sebelumnya pemerintah AS sedang membahas pelarangan aplikasi asal China ini.

TikTok disebut-sebut mengancam keamanan nasional karena adanya penyetoran informasi data akun TikTok warga AS.

"Kami sedang meninjau TikTok, kamu kemungkinan juga akan melarangnya. Tapi ada banyak opsi dan kita akan lihat nanti," kata Presiden AS Donald Trump.
Pihak Microsoft menolak memberikan keterangan terkait kabar yang beredar ini.



Simak Video "Microsoft Dikabarkan Akan Beli TikTok, Donald Trump Keukeuh Blokir"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)