Heboh Kasus Jouska, Ini Awal Mula Hadirnya Profesi Perencana Keuangan

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 01 Agu 2020 16:00 WIB
ilustrasi menabung
Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani
Jakarta -

Profesi perencana keuangan seketika menjadi sorotan setelah kasus investasi 'bodong' yang menimpa PT Jouska Finansial Indonesia (Jouska ID). Hal itu sangat disayangkan karena bukan tidak mungkin masyarakat menjadi tidak percaya dengan perencana keuangan.

Padahal jika memiliki seorang perencana keuangan yang benar, penting lho untuk membantu agar lebih disiplin membuat rencana dalam mengelola keuangan. Keberadaannya sendiri pertama kali muncul di Amerika Serikat (AS) pada 1970.

Tapi, tahukah kamu, bagaimana asal-usul sampai ada profesi perencana keuangan?

Pada suatu hari, sekumpulan profesional di bidang jasa keuangan di Chicago, AS, merasa kecewa dengan keterbatasan yang mereka lihat dalam konteks jasa keuangan. Akhirnya, sebuah asosiasi International Association of Financial Planners, yang kemudian menjadi International Association for Financial Planning (IAFP). Misi pertamanya adalah untuk menyediakan forum terbuka bagi professional yang mewakili bermacam spesialisasi jasa keuangan.

Seiring berjalannya waktu, forum tersebut mengambil peran untuk memberikan solusi keuangan kepada nasabah. IAFP mendirikan sekolah khusus untuk mengembangkan pendidikan bernama College for Financial Planning pada 1971, yang memberikan sertifikasi professional Certified Financial Planner (CFP). Lulusan kelas pertama yang diselenggarakan di tahun 1973 adalah 42 orang.

Selanjutnya, 36 anggota dari kelompok itu memutuskan membentuk sebuah asosiasi baru yang dikhususkan untuk para pemegang gelar CFP, Institute of Certified Financial Planners (ICFP). Di dunia, tercatat ada 135 program pendidikan sertifikasi seperti Chartered Financial Consultant (ChFC), Certified Financial Planner.

Di Indonesia sendiri, perkembangan profesi perencana keuangan cukup pesat. Hal itu disebabkan mulai timbulnya kesadaran akan pentingnya perencanaan keuangan, baik oleh praktisi maupun nasabahnya.

Awal mula perencana keuangan masuk ke Indonesia pada 2001 lewat sekolah perencana keuangan bernama Institute Financial Planning Indonesia (IFPI) dan asososiasi pertama dibentuk 2004 bernama Financial Planning Association Indonesia (FPAI).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kemenkominfo Soal Pemblokiran Website Jouska"
[Gambas:Video 20detik]