Berita Terpopuler Sepekan

Sapi Limosin, Primadona Hewan Kurban Para Pesohor

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 02 Agu 2020 14:49 WIB
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, mulai dilakukan. Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi hewan kurban pertama yang disembelih.
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom

Pesohor Tanah Air lainnya yang pernah berkurban sapi limosin ialah keluarga Anang Hermansyah. Dalam perayaan Idul Adha 2018, keluarga ini memilih 5 ekor sapi limosin dan 1 ekor kambing.

"Lagi hits limosin, lebih gede dan dagingnya lebih padat," ujar Ashanty, istri Anang Hermansyah, dalam rekaman video detikcom.

Keluarga Anang Hermansyah saat itu memilih merayakan Idul Adha di Jakarta bersama keluarganya. Daging sapi limosin dan hewan kurban lain kemudian dibagikan pada warga sekitar, tetangga, dan karyawan keluarga tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, harga sapi limosin hampir atau bahkan menyamai harga 1 unit Toyota Innova. Seperti sapi limosin yang dijual di Mal Hewan Qurban Haji Doni di bilangan Kelapa Dua, Depok. Sapi limosin termahal di 'mal' tersebut dijual seharga Rp 300 juta.

"Kita mulai harganya dari Rp 14 jutaan ya kategori middle low kayak sapi Kupang dan Bali. Paling mahal itu sapi Wagyu harganya Rp 300 juta itu sold out, kalau Wagyu memang dia dagingnya paling enak," kata Haji Doni saat ditemui detikFinance di lapaknya, Depok, Sabtu (3/8/2019).

Selain itu Doni juga menjual beberapa sapi jenis limosin. Mulai dari sapi limosin dengan berat 1,1 ton dibanderol Rp 130 juta, berat 1,3 ton dibanderol Rp 175 juta, hingga yang terberat 1,4 ton menyentuh harga Rp 200 juta.

"Kalau limosin itu paling mahal Rp 200 juta beratnya 1,4 ton, itu sold out juga," ungkap Doni.

Kata Doni sapi jenis eksekutif ini sering dibeli oleh para pejabat, artis, dan publik figur. "Iyalah mereka kendaraan di dunianya aja Rolls Royce, Lamborghini, masa kendaraan di akherat mau sapi yang Rp 14 jutaan, malu lah," tutur Haji Doni.

Sapi limosin juga dijual oleh Sahabat Farm, disana sapi limosin dibanderol mulai harga Rp 19-70 juta dengan berat mulai 400 kg hingga 1 ton.

"Kami jual limosin juga, harga mulai Rp 19 juta paling mahal Rp 70 juta. Itu ratusan kilo, kisaran 400 kg sampai se-ton," ungkap Yanto sang pemilik.

Halaman

(das/zlf)