Tips Jitu Cari Kerja Virtual di Tengah Pandemi

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 13:38 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kasus virus Corona yang masih melonjak di Amerika Serikat (AS) memaksa banyak perusahaan beralih mengadakan pameran hingga wawancara pekerjaan secara virtual sebagai strategi perekrutan. Meskipun bukan hal baru, konsep ini semakin banyak digunakan sejak pandemi dimulai.

Sebuah platform jejaring karir yang ditujukan untuk mahasiswa, Handshake, akan memfasilitasi pameran pekerjaan virtual berskala besar untuk universitas dan perusahaan sehingga siswa memiliki akses jaringan ke pekerjaan.

Hal itu dilakukan karena dirasa semakin banyak orang yang telah kehilangan pekerjaan dan sedang berjuang untuk mendapat peluang pekerjaan baru di tengah pandemi virus Corona. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, tingkat pengangguran nasional tercatat 11,1% pada Juni 2020, lebih tinggi 7,4% dari periode Juni 2019.

Untuk diketahui, pameran pekerjaan virtual berlangsung pada waktu yang ditentukan dan mirip dengan webinar. Perekrut dan pencari kerja bertemu di ruang virtual melalui ruang obrolan, telekonferensi, siaran web, atau email untuk bertukar informasi tentang lowongan pekerjaan.

Dilansir dari CNBC, Senin (3/8/2020), berikut kiat sebelum mengikuti pameran pekerjaan virtual:

1. Lakukan Riset

Salah satu saran paling umum dari perekrut dan layanan karir yang memanfaatkan pameran pekerjaan virtual adalah melakukan riset. Wakil Presiden Handshake, Christine Cruzvergara mendesak perusahaan pada platform seperti Handshake untuk memberikan pertanyaan cerdas bagi perekrut.

"Pikirkan pertanyaan yang akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang budaya organisasi, apa artinya bisa naik jabatan dalam organisasi itu, atau apa yang bisa Anda kontribusikan atau pelajari dalam organisasi itu," katanya.

2. Pertajam Keterampilan Komunikasi

Manajer Perekrut Perusahaan di Layanan Kesehatan Terpadu mengatakan cara terbaik seorang kandidat dapat menonjol adalah keterampilan komunikasi yang baik dan keterampilan tata bahasa yang baik.

3. Jangan Menyerah

Untuk memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya, Trappey mendorong para kandidat untuk menempatkan diri dan mengatasi kekhawatiran apa pun yang mereka miliki tentang perekrutan virtual.

"Kunci untuk mencari pekerjaan atau magang adalah terus berusaha. Memiliki kepercayaan diri untuk melakukan itu, bahkan jika Anda merasa canggung adalah bagian integral untuk mendapatkan pekerjaan di mana pun Anda berada," ucapnya.



Simak Video "Pria Cilegon Tipu Puluhan Korban dengan Iming-iming Pekerjaan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)