Perusahaan Pembuat Vaksin Corona Dapat Kucuran Dana Rp 5,8 T

Aulia Damaya - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 15:17 WIB
i
Foto: Fiona Goodall/Getty Images
Jakarta -

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat (AS), Moderna menjadi salah satu perusahaan besar yang tengah memproduksi vaksin Corona. Moderna mengatakan telah mendapat dana bantuan dari Operation Warp Speed Amerika Serikat senilai US$ 400 juta setara Rp 5,8 triliun (kurs Rp 14.550).

Kini proses pembuatan vaksin yang dinamakan vaksin mRNA-1274 telah memasuki studi fase 3 pada akhir September mendatang. Sejak menjadi perusahaan yang dipercaya dalam membuat vaksin, pendapatan perusahaan jadi melonjak dan kerugian pun semakin menipis.

Saham Moderna telah melonjak hampir 300% tahun ini. Lonjakan itu dipenuhi harapan sejumlah investor agar perusahaan sukses mengembangkan vaksin virus Corona.

CEO Moderna St├ęphane Bancel meyakinkan vaksin buatannya akan memiliki harga yang terjangkau. Bancel mengungkap saat jumlah vaksin yang masih sedikit kisaran harganya antara US$ 32 (Rp 466.000) dan US$ 37 (Rp 539.000) per dosis. Sedangkan Moderna akan mengenakan harga yang lebih rendah dari itu untuk vaksin produksinya mRNA-1273 dan akan diproduksi lebih banyak.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah di seluruh dunia dan lainnya untuk memastikan vaksin dapat terjangkau oleh semua kalangan. Dan kami akan bertanggung jawab atas harga selama pandemi," kata BancelBancel, dikutip dari CNN, Kamis (6/8/2020).

Moderna hanyalah salah satu dari beberapa perusahaan yang berlomba menghasilkan vaksin. Saham bioteknologi kecil lainnya, Novavax (NVAX), naik lebih dari 4.000% tahun ini setelah mengumumkan hasil uji klinis vaksin.

Novavax juga telah menerima dana Operation Warp Speed, seperti halnya perusahaan obat raksasa Johnson & Johnson (JNJ), Astrazeneca (AZN), GlaxoSmithKline (GSK). Selain itu ada juga lap uji coba vaksin Perusahaan Farmasi Pfizer (PFE) dan BioNTech Jerman (BNTX).



Simak Video "Kabar Baik, Uji Klinis Vaksin Corona Moderna Fase I Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)