UMKM Jadi Penopang Ekonomi di Masa Pandemi

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 08 Agu 2020 22:48 WIB
Seorang ibu rumah tangga membuat kue kering lebaran pesanan pembeli di Pekanbaru, Riau, Minggu (3/5/2020). Sejumlah ibu rumah tangga memanfaatkan waktu selama masa berada di rumah untuk berbisnis kue kering menjelang Lebaran. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/foc.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Dari pembinaan kepada UMKM yang diisi banyak wanita itu, Rizayati menargetkan mereka mampu untuk ekspor rempah hingga cita-cita terbesarnya dapat terwujud agar Indonesia merajai pangan Dunia.

"Dekranas dapat menjadi Wadah atau mitra strategis untuk sektor Agrobisnis hingga para petani dan pelaku UMKM dapat menjadi eksportir hasil kerajinan tangan dan pangan Indonesia," tutur Rizayati.

Sementara itu Hj. Wury Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Indonesia sangat mendukung sinergi pemerintah dengan pihak swasta untuk mengembangkan UMKM dan keuangan syariah. Menurutnya hal ini penting sebab UMKM dan pengrajin yang banyak didominasi wanita mampu mendorong ekonomi nasional terlebih di masa pandemi.

"Edukasi dan literasi keuangan syariah adalah salah satu bagian dari Implementasi ekosistem pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasiskan pondok pesantren, yang diharapkan dapat meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah, serta mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional menghadapi pandemi Covid-19", jelas Wury Ma'ruf Amin yang membuka webinar tersebut.

Halaman


Simak Video "Pemerintah Terus Dukung UMKM Lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]

(hns/ang)