Dibayangi Resesi, Negara Asean Mana yang Ekonominya Paling Kuat?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 09 Agu 2020 15:46 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Krisis ekonomi dampak dari virus Corona telah melanda negara-negara di kawasan Asia Tenggara alias Asean. Singapura dan Filipina sudah jadi korbannya, kedua negara ini telah masuk ke jurang resesi.

Menghadapi kelesuan ekonomi dan ancaman resesi, negara Asean mana yang ekonominya paling kuat?

Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan saat ini negara yang kemungkinan ekonominya masih mampu bertahan adalah Vietnam, bahkan ekonominya hingga kini masih positif. Keberhasilan penanganan Corona menurutnya menjadi nilai plus dari Vietnam.

Dengan penanganan virus yang cepat dan terencana dengan baik, kini pemulihan ekonomi Vietnam sudah mulai berjalan.

"Vietnam kemungkinan yang masih positif. Walaupun kondisi seperti sekarang, dia masih kuat karena dia lebih cepat hadapi wabahnya. Dia lebih serius menanganinya maka lebih cepat redanya, itu mempengaruhi sekali pemulihan ekonomi," ujar Faisal kepada detikcom, Minggu (9/8/2020).

Dia menjelaskan Vietnam memang masih bergantung dengan perdagangan internasional yang sedang lesu-lesunya karena kondisi global diterpa pandemi. Namun dengan penanganan dan pengendalian virus yang memadai, negara ini bisa mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri sebagai bagian pemulihan ekonomi.

"Vietnam juga cukup banyak bertumpu pada perdagangan internasional, tapi dia domestic marketnya juga bagus, dengan penanganan wabah yang baik ekonominya sudah bisa berjalan," jelas Faisal.

Buka halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sri Mulyani Pastikan Ekonomi Q3 RI Negatif"
[Gambas:Video 20detik]