2 Negara ASEAN Resesi, Siapa Terancam Menyusul?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 08:30 WIB
ASEAN Perkuat Kerjasama Ekonomi Guna Hadapi Eskalasi Perang Dagang Cina-AS
Foto: DW (News)
Jakarta -

Dua negara ASEAN mengalami resesi akibat krisis ekonomi yang terjadi di tengah pandemi Corona. Singapura dan Filipina telah resmi masuk ke dalam jurang resesi.

Usai dua negara tersebut, resesi masih membayangi perekonomian negara-negara di Asean. Bukan cuma Singapura dan Filipina, beberapa negara lainnya pun terancam resesi.

Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal menyebutkan ada 3 negara yang terancam resesi, yaitu Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Menurutnya, Malaysia dan Thailand terancam resesi karena ekonomi negaranya bergantung kepada kondisi global.

"Negara yang bergantung pada kondisi global yang bergantung pada perdagangan internasional yang berikutnya. Di luar Singapura, itu ada Malaysia dan Thailand ekonomi mereka bergantung pada ekspor impor. Dalam kondisi global seperti sekarang mereka lebih gampang kena shock," ujar Faisal kepada detikcom, Minggu (9/8/2020).

Sementara Indonesia menurutnya memang ketergantungan perdagangan internasionalnya kecil, namun konsumsi dalam negerinya yang seharusnya menjadi tumpuan tidak berjalan karena belum bisa mengendalikan virus Corona yang melanda.

"Nah kalau Indonesia, perdagangan internasionalnya memang ketergantungannya tidak besar, dan konsumsi dalam negerinya besar, ini bisa jadi peredam. Tapi sampai sekarang penanganan virusnya belum terkendali jadi pemulihan ekonominya masih terganggu," ujar Faisal.

Faisal menambahkan ketiga negara ini juga sudah mengalami pertumbuhan ekonomi minus pada satu kuartal. Bila kondisi krisis berlanjut tak menutup kemungkinan satu kuartal berikutnya minus lagi dan resmi resesi. "Kemudian paling tidak tiga negara ini juga sudah minus ekonominya di satu kuartal, kuartal berikutnya bisa saja minus lagi dan masuk resesi," sebut Faisal.

Lalu seperti apa kondisi terakhir perekonomian tiga negara lain yang terancam menuju resesi? Klik halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kadin Proyeksikan Ada Tambahan 5 Juta Pengangguran di RI"
[Gambas:Video 20detik]