Sempat Ditunda, Jadi Kapan Bioskop Dibuka Lagi?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 12:53 WIB
Ilustrasi bioskop
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Bioskop di DKI Jakarta hingga kini belum mendapatkan izin beroperasi. Yang tadinya mau dibuka pada 29 Juli 2020, batal setelah melihat kondisi penyebaran virus Corona masih terus menanjak di Jakarta. Lalu kapan bioskop di ibu kota dibuka?

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengungkapkan nasib dibuka atau tidaknya bioskop di DKI diputuskan pada 14 Agustus nanti seiring perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sampai 13 Agustus.

"Tanggal 29 kemarin (bioskop batal dibuka) terpaksa ya kita tunggu Agustus ini. Tanggal tanggal 14 ini nanti kita tunggu seperti apa," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

Dia mengungkapkan bahwa bioskop di daerah sudah mendapatkan izin beroperasi. Tapi jika bioskop di Jakarta masih tutup maka pemilik film tidak mau mendistribusikan produknya ke bioskop di daerah. Otomatis pengusaha layar lebar di luar Jakarta tak mendapat suplai film nasional maupun luar negeri, kecuali film lokal.

"Permasalahannya kan di filmnya. Film itu kan ada di Jakarta. Jadi pemilik film kan nggak mau kalau diputar di daerah dulu kemudian nanti di Jakarta," terang Djonny.

Dia mengungkapkan pihaknya sudah mengantisipasi jika PSBB transisi diperpanjang. Tapi sebetulnya sudah banyak yang menginginkan agar bioskop segera dibuka.

"Jadi ini sebetulnya sih sudah banyak sekali yang minta supaya dibuka bioskop," sebutnya.

Dirinya pun berharap agar bioskop di Jakarta diberi kesempatan untuk beroperasi lagi dan dievaluasi setelah satu bulan. Yang penting protokol kesehatan dijalankan dengan pengawasan ketat.

"Kalau kita terus begini kayaknya sih setahun juga nggak beres-beres ini. Jadi menurut saya sih ya sudah lah kita perketat lah umpamanya protokol kesehatannya, pengawasannya. Kita coba lah sebulan gimana gitu kan," ujarnya.

Namun pihaknya akan tetap tunduk pada keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait izin pembukaan bioskop di tengah pandemi COVID-19.

"Jadi kalau semuanya dibayang-bayangi dengan ketakutan terus ya nggak beres-beres kan. Tapi namun demikian kita sebagai pengusaha bioskop sepakat semuanya tetap mengikuti petunjuk arahan keputusan dari pemerintah, khusus DKI lho ya," tambah Djonny.



Simak Video "Nonton Bioskop Bisa Tingkatkan Imunitas? Begini Penjelasan Epidemiolog"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)