Prakerja.go.id Daftar Online Gelombang 4, Begini Caranya

Puti Yasmin - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 17:01 WIB
kartu pra kerja
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis/Prakerja.go.id Daftar Online Gelombang 4, Begini Caranya
Jakarta -

Pemerintah resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 pada Sabtu (8/8/2020) kemarin. Caranya pun dilakukan dengan mengakses laman www.prakerja.go.id daftar online.

Pada tahapan ini, kuota yang dibuka sebesar 800.000 orang. Menurut Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso kuota tersebut diprioritaskan bagi para korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Mulai batch IV, kuotanya 800.000 orang, dengan proporsi sebesar 80% untuk pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan," jelas Susi saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Berikut cara daftar Prakerja Gelombang 4:

1. Buka Laman www.prakerja.go.id Daftar Online

Pertama-tama, buka website di alamat www.prakerja.go.id dan klik' daftar'. Pengguna lalu akan dibawa menuju laman dashboard.prakerja.go.id untuk mengisi alamat email password.

2. Konfirmasi Email Prakerja Gelombang 4

Kemudian, buka email dan lakukan verifikasi yang telah dikirim via email. Setelah konfirmasi, peserta berhasil membuat akun Prakerja dan bisa mendaftar.

3. Buka Dashboard.prakerja.go.id Login

Tahap selanjutnya setelah memiliki akun, klik 'login' dan peserta akan dibawa ke laman dashboard.prakerja.go.id/masuk dan isi kolom email serta passoword.

Setelah berhasil masuk akun, peserta diwajibkan untuk verifikasi KTP, mengisi data diri, dan nomor handphone. Kemudian, masukkan kode nomor kode OTP yang telah masuk ke Hp untuk verifikasi.

Pada tahap ini, peserta juga diminta untuk mengisi pertanyaan seperti 'Apakah saat ini anda menganggur?'. Jawab pertanyaan dengan jujur sampai selesai dan klik 'Oke'.

4. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Prakerja Gelombang 4

Layar peserta kemudian akan diarahkan ke laman tes motivasi dan kemampuan kerja. Klik 'Mulai Tes Sekarang' untuk mengikuti ujian hingga selesai untuk mengetahui hasil evaluasi.

5. Pilih Gabung Prakerja Gelombang 4

Hasil tes akan keluar sekitar 5 menit. Jika tidak ada perubahan klik tombol 'refresh' dan pilih gelombang mana yang akan peserta ikuti serta klik 'Gabung'.

Terakhir, layar akan memperlihatkan kartu persetujuan yang berisi pernyataan mendaftar program Kartu Prakerja dan klik 'saya menyetujui'. Peserta pun resmi terdaftar Kartu Prakerja gelombang 4!

Selamat mencoba!



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)