Ada Potensi Ekspor Durian ke China hingga Jepang Rp 7 M

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 17:49 WIB
Durian
Durian/Foto: iStock
Jakarta -

Permintaan akan buah segar Indonesia melonjak tajam selama pandemi COVID-19. Salah satu yang jadi primadona adalah durian. Permintaan durian Indonesia dari China kini melonjak.

"Nah ini yang sangat menggembirakan yaitu peluang pasar ekspor yang belum tergarap untuk durian, peluang terbesar adalah ke China," ujar Ketua Komite Tetap Hortikultura Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Karen Tambayong dalam acara Gerakan Konsumsi Buah Nusantara sebagai rangkaian acara Gelar Buah Nusantara (GBN) Ke-5, Senin (10/8/2020).

Peluang ekspor durian ke China pun terbilang cukup besar. Nilainya bisa mencapai US$ 426 ribu setara Rp 6,17 miliar (kurs Rp 14.500). Namun, tak hanya China yang terbuka akan peluang tersebut, ada Jepang, Korea, Vietnam, Hong Kong dan Singapura. Totalnya potensi yang belum tergarap mencapai US$ 541,3 ribu setara Rp 7,84 miliar.

"Karena ini taste yang baru, rasa yang baru yang masuk kesana, Malaysia saja mereka tidak sanggup mengirimkan durian ke sana, ini harusnya jadi peluang, bagaimana masih besarnya peluang kita untuk ke sana. Potensi nilai ekspor durian yang belum tergarap sebesar US$ 541,3 ribu jadi luar biasa," ungkapnya.

Selain durian, ada buah-buahan lainnya yang juga memiliki potensi yang cukup menjanjikan seperti jambu, mangga, dan manggis.

"Kita punya peluang pasar untuk jambu, mangga dan manggis, ini baru jambu, mangga dan manggis baru tiga ya. Nilainya bisa kita lihat ini luar biasa, potensi yang belum tergarap itu sebesar US$ 26,23 juta. Jadi ini luar biasa," katanya.

Pasar paling potensial masih diduduki China senilai US$ 426 juta, disusul Jepang US$ 1,3 juta dan Korea Selatan US$ 1,14 juta.



Simak Video "Membungkus Durian Agar Aman, Trawas"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)