Ajak Makan Buah Lokal, Airlangga: Bisa Kuat Hadapi Pandemi

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 19:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan Gelar Buah Nusantara (GBN) 2020 untuk mensosialisasikan buah asli nusantara kepada masyarakat dalam rangka mengurangi konsumsi buah impor. Dengan begitu juga diharapkan dapat menjadi pengungkit perekonomian nasional yang minus di kuartal II-2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sektor pertanian khususnya buah-buahan menjadi andalan di masa pandemi COVID-19 karena potensi ekspornya justru meningkat.

"Kita melihat bahwa potensi dari manggis, nanas, pisang, salak, mangga itu ekspornya cukup bagus dan tentunya ini kita akan dorong terus terutama pengembangan kawasan industri holtikultura dan itu tentunya potensi-potensi ini bisa meningkat terus dan terbukti dalam situasi COVID ekspor daripada buah-buahan naik 73,4%," katanya dalam Peluncuran Gelar Buah Nusantara (GBN) 2020, Senin (10/8/2020).

Selain itu, Airlangga bilang, di masa pandemi ini buah-buahan bisa menjadi penyangga imunitas tubuh karena banyak mengandung vitamin.

"Baik itu vitamin C maupun vitamin-vitamin antioksidan. Bahkan manggis pun di berbagai daerah termasuk di Jawa Timur yang dibuat jus tertentu itu bisa menjadikan antioksidan yang cukup meningkatkan daya tahan tubuh dan tentu ini diharapkan bisa meningkatkan ketahanan tubuh kita untuk menghadapi pandemi ini," ucapnya.

Seperti diketahui, di tengah kontraksi pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 sektor pertanian justru tumbuh mencapai 16,24%, tertinggi di antara sektor terbesar lainnya seperti industri, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan.

"Saya berharap program ini dapat terus digulirkan dan dapat menjadi gerakan berkelanjutan yang dapat menjadi momentum kebangkitan buah nusantara dan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mencintai produk buah lokal, serta meningkatkan konsumsi buah nusantara dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.



Simak Video "Cara Unik Petambak Kerapu Panen di Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)