Baru 3,5 Juta Rekening Pekerja Disetor Buat Dapat Bantuan Rp 600 Ribu

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 12:56 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut per hari ini sudah 3,5 juta rekening pekerja yang disetorkan untuk mendapatkan bantuan Rp 600 ribu/bulan dari September hingga Desember. Totalnya ada 15.725.232 orang yang akan mendapat bantuan Rp 600 ribu.

"Per hari ini sudah ada 3,5 juta pekerja kita yang sudah menyerahkan nomor rekeningnya," kata Ida dalam acara dialog dengan komunitas pariwisata di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya yang menjadi tantangan dalam menyalurkan bantuan ini berkaitan dengan pendataan nomor rekening pekerja. Sebab nantinya bantuan Rp 600 ribu bakal ditransfer langsung ke rekening penerima.

"Di sini saya kira banyak teman-teman HRD, kita, BPJS Ketenagakerjaan sedang mensosialisasikannya, menggerakkan, menyampaikan kepada seluruh perusahaan-perusahaan industri untuk menyampaikan kepada seluruh pekerjanya agar segera menyerahkan nomor rekeningnya," jelasnya.

"Saya pikir kalau dapat bantuan masa susah ya Pak? mestinya cepat," sambung Ida.

Jadi implementasi program bantuan ini, lanjut dia tergantung dari data yang akan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya semakin cepat nomor rekening peserta terkumpul maka semakin cepat perputaran ekonomi itu terjadi, karena pemerintah bisa segera mentransfer uang tersebut.

"Mudah-mudahan kalau nomor rekening itu segera terdata dengan baik di BPJS Ketenagakerjaan mudah-mudahan bulan Agustus ini kita sudah bisa mulai," tambahnya.



Simak Video "Ini Syarat Dapat Rp 600 Ribu dari Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)