Pacu Generasi Muda Berbisnis, Wirausaha Muda Mandiri Kembali Digelar

Yudistira Imandiar - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 12:21 WIB
Para Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2019
Foto: Yakob Arfin-Para Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2019
Jakarta -

Bank Mandiri kembali menyelenggarakan ajang kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di tahun 2020. Ajang tersebut bertujuan meningkatkan motivasi dan minat generasi muda untuk berwirausaha agar bisa mandiri secara ekonomi.

WMM merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Bank Mandiri sejak 2007, dan termasuk dalam program pembibitan wirausaha muda. Lebih dari 36 ribu wirausahawan muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang ikut serta.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menuturkan, kompetisi WMM 2020 kembali diselenggarakan untuk menjaring bibit-bibit wirausaha muda dari seluruh kalangan.

"Ajang kompetisi tahunan ini menjadi wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda. Harapannya, generasi muda dapat melihat WMM sebagai sebuah media aktualisasi sekaligus promosi atas inovasi dan kreasi diri sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global akibat pandemi COVID-19," ujar Rully dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Tahun ini, WMM mengusung tema 'Berani Muda, Berani Berkarya'. Kompetisi tersebut akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang di tahun ini mencapai Rp 2 miliar.

Rully menambahkan rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2020 akan berbeda dengan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, menyesuaikan penerapan kenormalan baru akibat pandemi COVID-19. Seluruh rangkaian kegiatan mulai pendaftaran, penjurian dan kegiatan pendukung lainnya akan dilakukan secara virtual. Targetnya, WMM akan diikuti oleh 3.500 peserta dari usia 18-35 tahun.

Proses sosialisasi WMM, terang Rully, juga akan dilakukan secara virtual berkolaborasi dengan Narasi serta melibatkan komunitas dan ikatan alumni WMM. Proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September 2020.

Selanjutnya tahap verifikasi berlangsung tanggal 11 Oktober 2020. Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 21 Oktober 2020, dan penjurian nasional pada 26 - 28 Oktober 2020. Sementara itu, puncak acara yaitu penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Jakarta.

Di tingkat nasional, sejumlah profesional muda berprestasi akan tampil sebagai juri. Beberapa diantaranya adalah President Director PT Bank Mandiri Tbk Royke Tumilaar, Najwa Shihab, Adrian Gunadi dan juri prominen lainnya.

"Di samping juri yang merupakan public figure, salah satu keistimewaan program WMM adalah kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni WMM dan tentu saja, kemudahan mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha," papar Rully.

Perseroan, timpal Rully, turut berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

"Kami di Narasi mendukung gelaran ini sebagai kontribusi kepada bangsa dalam pengembangan kewirausahaan nasional. Harapannya, kerjasama ini bisa menghasilkan lebih banyak wirausahawan yang menggerakkan perekonomian tanah air. Audience Narasi sendiri mayoritas anak muda, sejalan dengan para peserta WMM yang juga anak muda," ujar Co-founder Narasi--sebagai partner penyelenggaraan WMM 2020--Najwa Shihab.



Simak Video "Uang Miliaran Rupiah Raib, Nasabah Segel Kantor Unit Bank Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)