Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan Cair Agustus dan September

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 12 Agu 2020 16:34 WIB
Pegawai Bisa Dapat Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan
Foto: Tim Infografis/Fuad Hasim
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk pegawai swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Bantuan ini akan diberikan dalam dua tahap.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, bantuan untuk pegawai swasta itu akan diberikan bersamaan dengan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dia menyebut, bantuan untuk 4 bulan yang diberikan dalam dua tahap.

Erick menyebut, gaji September-Oktober diberikan pada Agustus dan gaji November-Desember diberikan September.

"Bantuan subsidi gaji kemarin sudah di preskon Insya Allah di akhir bulan ini juga sama seperti bantuan usaha mikro," kata Erick dalam teleconference, Rabu (12/8/2020).

"Rp 600 ribu untuk 4 bulan di mana gaji bulan September-Oktober dibayarkan bulan Agustus. Gaji bulan November-Desember dibayarkan pada bulan September memakai data BPJS Ketenagakerjaan. Kita pastikan didampingi pihak-pihak KPK, BPKP, Kejaksaan, LKPP supaya datanya benar," paparnya.

Erick mengatakan, pekerja yang mendapatkan bantuan menggunakan data Juni. Jumlah yang mendapat bantuan sekitar 15,7 juta orang.

"Yang masih menganut data bulan Juni yang ada iurannya digaji di bawah Rp 5 juta diberikan jumlahnya untuk 15,7 juta yang akan dibantu masing-masing mendapatkan Rp 2,4 juta," terangnya.



Simak Video "Bantuan Rp 600 Ribu/Bulan Dikucurkan, Siapa Saja Berhak Terima?"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)